dc.description.abstract | Metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru hendaknya bervariasi,
sehingga siswa tidak merasa bosan saat melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
berperan aktif dan mudah menerima materi yang diajarkan, dengan harapan hasil
belajar siswa juga meningkat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat
digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran agar dapat memberikan
inovasi baru dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode investigasi
kelompok. Metode investigasi kelompok ini merupakan salah satu metode dalam
pembelajaran kooperatif. Pembelajaran dengan menggunakan metode seperti ini
akan melatih anak untuk berperan aktif dalam pembelajaran, melatih anak untuk
bekerjasama dengan kelompoknya untuk menyelesaikan tugas yang telah
diterimanya, metode ini juga dapat menumbuhkan semangat siswa untuk terus
belajar dan bersaing secara baik dengan kelompoknya. Penerapan metode
pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok ini siswa juga dapat belajar
secara aktif, mandiri, mudah menerima materi pelajaran yang diajarakan, dan
tidak mudah bosan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan masalah
penelitian yaitu “Apakah metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi
kelompok efektif terhadap hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas
IV SDN Jogotrunan Lumajang tahun pelajaran 2017/2018?” dan tujuan penelitian
ini yaitu digunakan untuk mengetahui efektifitas suatu pembelajaran dengan
menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap
hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV SDN Jogotrunan
Lumajang tahun pelajaran 2017/2018.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan jenis penelitian eksperimental. Desain yang digunakan oleh peneliti
yaitu dengan menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan
menggunakan pola intac-group comparison. Waktu penelitian dilaksanakan pada
semester genap pada tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dari penelitian ini yaitu
seluruh kelas IV A dan IV B SDN Jogotrunan Lumajang. Jumlah siswa kelas IV
A terdiri dari 25 siswa dan jumlah siswa kelas IV B terdiri dari 25 siswa.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe
investigasi kelompok lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa
menggunakan metode pembelajran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap
hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV SDN Jogotrunan
Lumajang. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai posttest pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu
82,56 dan rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu 76,32. Berdasarkan hasil uji t
yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa nilai thitung yaitu sebesar 2,179,
sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 48 yaitu
sebesar 2,021, maka thitung > ttabel yaitu 2,179 > 2,021 pada taraf signifikansi 5%,
sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa pembelajaran dengan
menggunakan metode pembelajran kooperatif tipe investigasi kelompok lebih
efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa guru gunakan atau
konvensional terhadap hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV
SDN Jogotrunan Lumajang.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe
investigasi kelompok lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa
menggunakan metode pembelajran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap
hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV SDN Jogotrunan
Lumajang. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai posttest pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu
82,56 dan rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu 76,32. Saran yang dapat
diberikan adalah sebagai berikut: 1) bagi pihak sekolah, penelitian dengan
menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok ini dapat
dijadikan sebagai referensi untuk memperbaiki masalah mengenai metode
pembelajaran yang biasa dilaksanakan, 2) bagi guru, penelitian ini diharapkan
dapat dijadikan alternatif dalam menerapkan metode investigasi kelompok pada
kegiatan pembelajaran yang dilakukan agar dapat meningkatkan hasil belajar dan
kemandirian siswa dalam belajar, 3) perlu adanya media dan sumber belajar yang
cukup untuk menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi
kelompok. | en_US |