Show simple item record

dc.contributor.authorIKA MAYA NOVITA SARI
dc.date.accessioned2013-08-27T02:03:37Z
dc.date.available2013-08-27T02:03:37Z
dc.date.issued2013-08-27
dc.identifier.nimNIM070210201109
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/866
dc.description.abstractGuru sebagai pendidik adalah tokoh yang paling banyak bergaul dan berinteraksi dengan para peserta didiknya dibandingkan dengan personil lainya disekolah. Pendidik berkewajiban untuk menggerakan dan mendorong peserta didiknya supaya semangat dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga semangat belajar peserta didik benar-benar bisa menguasai bidang ilmu yang dipelajari. Dalam hal ini pendidikan anak usia dini paling tidak mengemban fungsi melejitkan seluruh potensi kecerdasan anak, penanaman nilai-nilai dasar, dan pengembangan kemampuan dasar. Untuk memerankan fungsi tersebut dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan, diantaranya adalah pendekatan “Beyond Centers And Circle Time” (BCCT) atau pendekatan “sentra dan lingkaran. Dalam pendekatan ini anak dirangsang untuk secara aktif melakukan kegiatan bermain sambil belajar disentra-sentra pembelajaran. Seluruh kegiatan pembelajaran berfokus pada anak sebagai subyek pembelajaran, sedangkan pendidik lebih banyak berperan sebagai motifator dan fasilitator dengan memberikan pijakan- pijakan. Pijakan yang diberikan sebelum dan sesudah anak bermain dilakukan dalam setting duduk melingkar, sehingga dikenal dengan “saat lingkaran” pijakan lainya adalah pijakan lingkungan (pemberdayaan keragaman lingkungan main) dan pijakan kepada setiap individu anak. (bahwa tidak ada anak yang sama) yang dilakukan selama anak bermain. Dalam pendekatan ini anak diberi kesempatan untuk bermain secara aktif dan kreatif di sentra-sentra pembelajaran yang tersedia guna mengembangkan dirinya seoptimal mungkin sesuai dengan potensi dan minat masing-masing. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif karena penelitian ini tidak dimaksudkan untuk membandingkan atau menghubungkan dua variable tertentu, melainkan untuk mengetahui bagaimanakah peranan pendidik dalam mengembangkan metode bcct. Daerah atau tempat penelitian ditetapkan pada kelompok bermain Ananda di UPTD SKB Kabupaten Bondowoso ditetapkan menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan untuk menetapkan lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian. Informan kunci pada penelitian ini yaitu empat orang guru PAUD pada kelompok bermain Ananda dan informan pendukung yaitu kepala UPTD SKB, pengelola kelompok bermain Ananda, serta orang tua peserta didik. Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh melalui wawancara dengan informan kunci dicocokkan dengan hasil observasi maupun dengan hasil wawancara dengan informan pendukung. Kegiatan wawancara dengan informan kunci yang diperkuat dengan hasil observasi dan wawancara dengan informan pendukung tersebut dilakukan untuk mendapatkan data yang valid. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peranan pendidik dalam mengembangkan metode bcct pada kelompok bermain Ananda menggunakan metode bcct yang telah diterapkan dengan baik. Hal ini ditandai dengan tercapainya kemampuan peserta didiknya dalam menerima setiap materi yang diajarkan yang diharapkan meskipun hanya dalam sebatas kegiatan bermain yang merupakan perkembangan awal anak usia dini, tetapi dalam hal ini metode bcct tersebut nantinya sangat berpengaruh besar dalam kehidupan nyata dan dalam menjalani proses kedewasaannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201109;
dc.subjectMETODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME), KELOMPOK BERMAINen_US
dc.titlePERANAN PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) PADA KELOMPOK BERMAIN ANANDA UPTD (UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS) SKB (SANGGAR KEGIATAN BELAJAR) KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record