Show simple item record

dc.contributor.advisorKantun, Sri
dc.contributor.advisorSukidin
dc.contributor.authorAriyanto, Rio
dc.date.accessioned2018-07-30T03:29:20Z
dc.date.available2018-07-30T03:29:20Z
dc.date.issued2018-07-30
dc.identifier.nimNIM130210301088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86678
dc.description.abstractMenurut Undang-undang No. 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat permasalahan pada minat belajar siswa di kelas VIIID SMP Nurul Islam yang harus di selesaikan. Data hasil observasi menunjukkan rendahnya minat belajar siswa kelas VIIID dengan skor rata-rata minat belajar mencapai 2,45. Apabila dilihat pada indikator minat belajar saat observasi awal, maka minat belajar siswa kelas VIIID tergolong rendah dengan skor rasa suka siswa terhadap pelajaran 2,7, partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar 2,42, perhatian siswa selama proses belajar mengajar berlangsung 2,37, dan ketekunan belajar siswa 2,32. Minat belajar yang rendah menyebabkan hasil belajar yang rendah, hal ini dibuktikan dengan data hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru berupa nilai ulangan harian. Dari data tersebut nilai rata-rata ulangan siswa kelas VIIID 72,00 dan ketuntasan klasikal mencapai 43%. Berdasarkan hasil diskusi antara guru dengan peneliti menetapkan penggunaan media Powtoon untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti beserta guru meyakini bahwa media pembelajaran Powtoon ini mampu meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area. Berdasarkan hasil observasi pada setiap kelas VIII, terpilih kelas VIIID SMP Nurul Islam sebagai subjek penelitian. Hal ini didasari oleh kondisi siswa kelas VIIID yang heterogen. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adanya peningkatan minat belajar siswa dari rendah menjadi tinggi dan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Powtoon dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIID SMP Nurul Islam pada kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Pembelajaran siklus I skor rata-rata minat belajar siswa sebesar 2,9 dengan kriteria sedang, meningkat menjadi 3,2 dengan kriteria tinggi pada siklus II. Meningkatnya minat belajar juga diikuti oleh peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,28 dengan ketuntasan klasikal 60%, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 81,42 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85,71%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Powtoon dapat mengatasi permasalahan pembelajaran dalam kelas VIIID dan target penelitian ini tercapai.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210301088;
dc.subjectPenggunaan Media Powtoonen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.subjectMendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomien_US
dc.titlePenggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIIID di SMP Nurul Islam Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record