Show simple item record

dc.contributor.advisorMutrofin
dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk
dc.contributor.authorSetianingsih, Putri Rahayu
dc.date.accessioned2018-07-30T02:19:44Z
dc.date.available2018-07-30T02:19:44Z
dc.date.issued2018-07-30
dc.identifier.nimNIM140210204135
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86658
dc.description.abstractPembelajaran yang menarik dapat memberikan kesan positif bagi siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Apabila seorang guru dapat memberikan pembelajaran dengan baik maka siswa tidak akan merasa bosan dalam menerima materi pembelajaran. Akan tetapi, sebagian siswa mengeluh dengan metode pembelajaran konvensional karena kesulitan dalam menerima informasi hanya dengan mendengarkan penjelasan dari guru. Berdasarkan masalah ini, Guru harus memiliki metode pembelajaran yang bervariasi dengan melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam pembalajaran. Metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode pembelajaran STAD adalah metode pembelajaran yang membentuk siswa belajar berkelompok yang terdiri dari 4-6 siswa yang mempunyai kemampuan heterogen. Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD diharapkan guru dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN Gebang 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2017/2018?”. Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN Gebang 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental dengan pola intacgroup comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gebang 03 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan subyek penelitian yaitu keseluruhan siswa kelas Va dan kelas Vb SDN Gebang 03 Jember yang berjumlah 60 siswa. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen = 83,80 sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol = 78,00. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,681, nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 60 sebesar 2,000. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel yaitu sebesar 2,681 ˃ 2,000 pada taraf signifikansi 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran STAD berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN Gebang 03 Jember. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran STAD berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN Gebang 03 Jember, dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen = 83,80 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol = 78,00. Saran yang dapat diberikan sebagai berikut: 1) Bagi guru, diharapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan sebagai bahan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Bagi pihak sekolah, diharapkan dapat menjadi masukan sebagai bahan pertimbangan untuk peningkatan proses pembelajaran. 3) Bagi peneliti lain, diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dalam penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204135;
dc.subjectMetode Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjecttipe Student Teams Achievement Divisionen_US
dc.subjectTerhadap Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS di SDN Gebang 03 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record