dc.description.abstract | Pembelajaran yang menarik dapat memberikan kesan positif bagi siswa
sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Apabila seorang guru dapat
memberikan pembelajaran dengan baik maka siswa tidak akan merasa bosan
dalam menerima materi pembelajaran. Akan tetapi, sebagian siswa mengeluh
dengan metode pembelajaran konvensional karena kesulitan dalam menerima
informasi hanya dengan mendengarkan penjelasan dari guru. Berdasarkan
masalah ini, Guru harus memiliki metode pembelajaran yang bervariasi dengan
melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam pembalajaran. Metode pembelajaran
yang dapat digunakan yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode
pembelajaran STAD adalah metode pembelajaran yang membentuk siswa belajar
berkelompok yang terdiri dari 4-6 siswa yang mempunyai kemampuan heterogen.
Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD diharapkan guru dapat
menciptakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga memberikan
pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah “Apakah ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran
IPS di SDN Gebang 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2017/2018?”.
Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN Gebang 03
Jember semester genap tahun pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimental. Desain
penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental dengan pola intacgroup
comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gebang 03 Jember pada
semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan subyek penelitian yaitu
keseluruhan siswa kelas Va dan kelas Vb SDN Gebang 03 Jember yang berjumlah
60 siswa.
Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen = 83,80 sedangkan rata-rata
posttest kelas kontrol = 78,00. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai
thitung sebesar 2,681, nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan
60 sebesar 2,000. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel yaitu sebesar
2,681 ˃ 2,000 pada taraf signifikansi 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima
yang artinya bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran
STAD berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan
metode pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran
IPS di SDN Gebang 03 Jember.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran STAD berpengaruh
dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional terhadap
hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN Gebang 03 Jember, dengan
rata-rata hasil belajar kelas eksperimen = 83,80 dan rata-rata hasil belajar kelas
kontrol = 78,00. Saran yang dapat diberikan sebagai berikut: 1) Bagi guru,
diharapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan sebagai
bahan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Bagi pihak sekolah,
diharapkan dapat menjadi masukan sebagai bahan pertimbangan untuk
peningkatan proses pembelajaran. 3) Bagi peneliti lain, diharapkan dapat
dijadikan sebagai referensi dalam penelitian selanjutnya. | en_US |