Show simple item record

dc.contributor.advisorANI, Hety Mustika
dc.contributor.advisorSUYADI, Bambang
dc.contributor.authorDAROJAT, Qonit
dc.date.accessioned2018-07-27T07:19:55Z
dc.date.available2018-07-27T07:19:55Z
dc.date.issued2018-07-27
dc.identifier.nimNIM130210301076
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86595
dc.description.abstractPendidikan menjadi salah satu faktor yang penting dalam perkembangan suatu negara. Kualitas pendidikan salah satunya dipengaruhi saat proses pembelajaran berlangsung. Implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran menuntut siswa untuk telibat aktif, kreatif, inovatif dan efektif melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan. Siswa dalam proses pembelajaran berkembang menjadi siswa yang aktif, membangun pengetahuan dan keterampilan baru berdasar pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai. Sedangkan Peran guru sesuai kurikulum 2013 adalah melakukan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran guru harus dapat memilih model-model pembelajaran agar dapat menimbulkan komunikasi aktif antara guru dan siswa sesuai peran masing-masing. Penggunaan model pembelajaran merupakan salah satu strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Skor rata-rata keaktifan belajar siswa kelas X IPS 1 sebelum tindakan mencapai 1,90 dimana skor tersebut masuk dalam kategori rendah. Rendahnya keaktifan belajar siswa kelas X IPS 1 terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung, sikap siswa kurang aktif ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang kurang memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran. Kurangnya antusias siswa saat proses pembelajaran juga terlihat ketika guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya hanya satu dua siswa yang berani bertanya. Terdapat siswa kurang semangat dan mengantuk pada saat proses diskusi berlangsung. Kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran berdampak pada hasil belajar siswa rendah yakni ketuntasan klasikal siswa sebesar 41,17% sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script. Penerapan model pembelajaran Cooperative Script diharapkan agar siswa lebih berpartisipasi secara aktif dalam belajar, menimbulkan suasana belajar yang lebih kondusif, menyenangkan, serta hasil belajar dapat meningkat dan tujuan pembelajaranpun tercapai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rencana penelitian ini menggunakan model skema spiral yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Jember tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Jember pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar mendeskripsikan perkoperasian dalam perekonomian Indonesia semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Pada siklus I keaktifan siswa masih dalam kategori sedang dengan skor 2,8 kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II sehingga terjadi peningkatan sebesar 0,80 dengan skor 3,6 dalam kategori aktif. Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Script juga meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 78,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 79,41%. Meningkat pada siklus II dengan nilaien_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210301076;
dc.subjectModel Pembelajaran Cooperative Scripten_US
dc.subjectMeningkatkan Keaktifanen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 4 Jember Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Perkoperasian dalam Perekonomian Indonesia Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record