| dc.description.abstract | Berdasarkan hasil kegiatan PKN dan data-data yang didapat serta dari 
wawancara pada waktu PKN di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Cabang Bondowoso mengenai “Prosedur Administrasi Tabungan Britama dan 
Layanan SMS Banking Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Cabang Bondowoso” maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 
1. Bagi pembukaan Tabungan Britama harus mengisi dokumen-dokumen yang
telah disediakan dan harus diisi sendiri oleh nasabah. Bagi nasabah yang tidak 
bisa baca tulis akan dibantu oleh Deksman untuk menulis dan membacakan 
apa saja yang harus diisi nasabah apabila tidak bisa tanda tangan akan dibantu
untuk cap jempol. Cap jempol harus sama dengan yang ada diidentitas yang 
digunakan pada saat itu artinya apabila diidentitas nasabah menggunakan
tanda tangan maka didokumen harus tanda tangan, apabila cap jempol maka 
juga harus cap jempol.
2. Ketika nasabah telah mengisi data pada Formulir Aplikasi Rekening 
Perorangan (AR-01) yang terdiri dari : Data Nasabah (Data Pribadi, Data
Pekerjaan, Data Keuangan), Pembukaan Rekening Baru (Fasilitas yang
diminta, Khusus Pembukaan Deposito) dan Pernyataan Nasabah, tersedia juga 
beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak Bank terhadap calon nasabah,
misalnya layanan ATM BRI, Internet Banking, SMS Banking BRI. 
3. Penyetoran tabungan membawa buku tabungan mengisi slip yang telah 
disediakan dan ditanda tangani oleh pemilik tabungan. 
4. Penarikan hanya bisa dilakukan oleh pemilik tabungan dengan mengisi slip 
penarikan yang ditanda tangani atau cap jempol sebanyak satu kali didepan
dan dua kali dibelakang slip penarikan. Tanda tangan atau cap jempol harus 
sama dengan yang dibuku tabungan dan kartu identitas. Apabila saat awal
pembukaan tabungan nasabah menggunakan cap jempol, maka untuk 
seterusnya apabila nasabah mengambil uang harus dibubuhi cap jempol juga.
Pengambilan dapat diwakilkan apabila ada surat kuasa dari pemilik tabungan.  
64 
5. Penutupan nomor rekening hanya bisa dilakukan oleh pemilik tabungan
dengan mengisi slip penarikan dengan dikenakan biaya administrasi sesuai 
dengan ketentuan yang berlaku di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
6. Layanan SMS Banking BRI merupakan sebuah layanan Banking dari BRI 
 
yang akan memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan
berbagai transaksi dengan mudah dan cepat, dimanapun dan kapanpun 
nasabah berada dengan hanya mempergunakan Handphone.  Dengan BRI
SMS Banking 3300 Anda bisa dengan mudah cek saldo tabungan, transfer 
dana, sampai membeli pulsa isi ulang (baik untuk kartu GSM seperti Simpati,
AS, Mentari, IM3, Xl maupun untuk kartu CDMA misalnya Esia dan Fren).  
Selain menggunakan SMS biasa, SMS Banking BRI dapat digunakan dengan 
menu yang harus diinstal di handphone.  Menu SMS Banking tersebut dapat di
download langsung dari handphone melalui URL | en_US |