dc.description.abstract | Fisika adalah cabang ilmu sains yang mempelajari tentang gejala-gejala,
kejadian-kejadian alam serta hubungan dan interaksi dari benda-benda di alam
Fisika telah berkembang baik isi materi maupun kegunaan dalam pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknolgi (IPTEK) bahkan dalam kehidupan sehari-hari.
Oleh karena itu sangat penting dilaksanakan pembelajaran fisika yang bersifat
kontekstual. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran
fisika yang terlaksana masih belum memuat kontekstual. Salah satu materi
pembelajaran fisika yang dianggap sulit oleh siswa adalah fluida dinamis. Materi
fluida dinamis yang disampaikan dalam pembelajaran masih bersifat abstrak.
Salah satu cara mengatasi kesulitan siswa pada pemahaman konsep fluida dinamis
adalah melalui pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual. Akan tetapi
masih banyak peneliti yang mengembangkan bahan ajar kontekstual hanya
sekedar memuat fenomena-fenomena fisika berdasarkan kejadian sehari-hari
tanpa meninjau data-data real di lapangan. Oleh karena itu perlu dilakukan
pengambilan data secara empiris pada suatu fenomena agar dapat menerangkan
konsep fisika dengan data yang benar. Salah satu fenomena fluida dinamis yang
dapat menerangkan konsepkonsep dan data-data dalam bentuk materi dan soal
yang sesuai dengan kondisi nyata ialah melalui peristiwa air terjun.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan data kajian dinamika
fluida pada aliran air terjun tujuh bidadari Kabupaten Jember. Data hasil kajian
dinamika fluida pada aliran air terjun tujuh bidadari ini dijadikan sebagai acuan
untuk merancang rancangan modul fluida dinamis yang kontekstual yang
berisikan tentang materi, contoh soal, dan latihan soal untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Kemudian dilakukan validasi ahli oleh dua
dosen Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember untuk mengukur
tingkat kevalidan modul fluida dinamis ini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Berdasarkan teori yang
bersifat umum diaplikasikan untuk menjelaskan tentang seperangkat data.
Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji kematerian dinamika fluida pada aliran
air terjun Tujuh Bidadari Kabupaten Jember sebagai bahan untuk merancang
modul pada pembelajaran fisika di SMA. Pengukuran dilakukan pada dua lokasi
berbeda, pertama disepanjang aliran sungai air terjun dan di aliran air terjun itu
sendiri. Hasil penelitian di sepanjang aliran air terjun tujuh bidadari Kabupaten
Jember didapatkan hasil bahwa kecepatan aliran pada lokasi A dengan luas
penampang 6.343,5 cm2 dan 3.865,5 cm2 adalah sebesar 5,13 cm/s dan 8,46 cm/s.
Sedangkan pada lokasi B dengan luas penampang 7.635 cm2 dan 3.405 cm2
adalah sebesar 3,77 cm/s dan 8,58 cm/s. Pengukuran juga dilakukan pada lokasi C
dengan luas penampang sebesar 4.447,5 cm2 dan 2.397,5 cm2 memiliki kecepatan
aliran sebesar 6,39 cm/s dan 11,82 cm/s. Pengukuran berikutnya dilakukan di air
terjun tujuh bidadari dan didapatkan hasil kecepatan air terjun pada dasar air
terjun adalah sebesar 12,38 m/s dengan ketinggian htotal sebesar 7,82 m.
Sedangkan kecepatan air terjun pada ketinggian setengah htotal yakni sebesar 8,75
m/s dengan ketinggian sebesar 3,91 m.
Berdasarkan data diatas dapat dianalisis bahwa nilai kecepatannya
berbanding terbalik terhadap luas penampang sungai, semakin besar luas
penampang sungai maka kecepatan aliran akan semakin kecil, hal ini sesuai
dengan asas kontinuitas yang menyatakan bahwa kecepatan aliran berbanding
terbalik terhadap luas penampang. Kemudian kecepatan jatuhnya air terjun
berbanding lurus terhadap ketinggian air terjun, hal ini sesuai dengan prinsip
gerak jatuh bebas dan hukum bernoulli. Rancangan modul fluida dinamis setelah
dilakukan validasi ahli memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,43 dan dikategorikan
valid.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut: 1) Kecepatan aliran berbanding terbalik terhadap luas penampang
sungai, hal ini sesuai dengan asas kontinuitas. 2) Kecepatan jatuhnya air
bebanding lurus terhadap ketinggian air terjun, hal ini sesuai dengan prinsip gerak
jatuh bebas dan hukum bernoulli. 3) Rancangan modul fluida dinamis yang
disusun memuat materi fluida dinamis, contoh soal, dan latihan soal untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. 4) Rancangan modul fluida
dinamis mendapatkan nilai validasi rata-rata sebesar 75,43 dan dikategorikan
valid. | en_US |