dc.description.abstract | Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together
(NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan
menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia di SDN Dabasah 05 Bondowoso tahun pelajaran
2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan uji-t pada skor rerata
pretest dan postest yang menunjukkan bahwa thitung = 4,177. Hasil uji-t tersebut
dicocokkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = 50 untuk uji dua
pihak dan diperoleh ttabel = 1,684. Terkait dengan hasil uji-t tersebut, menunjukkan
bahwa thitung > ttabel (4,177>1,684) artinya Ha yang menyatakan ada pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap
hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan menghargai jasa
dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di
SDN Dabasah 05 Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018 diterima. Berdasarkan
hasil penghitungan dengan rumus keefektifan retalif (ER) diketahui bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)
dalam pembelajaran lebih efektif sebesar 57% dibandingkan dengan penerapan
tanpa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). | en_US |