Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.authorRomadhani, Laila Kumara
dc.date.accessioned2018-07-24T07:25:56Z
dc.date.available2018-07-24T07:25:56Z
dc.date.issued2018-07-24
dc.identifier.nimNim 110210101015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86355
dc.description.abstractPerangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model 4-D dari Thiagarajan yang sudah dimodifikasi. Kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut. (1) Tahap pendefinisian yaitu analisis awal-akhir terhadap kurikulum sekolah dan teori belajar, analisis siswa untuk mengetahui kompetensi dan karakteristik siswa terutama dalam kemampuan pemecahan masalah siswa, analisis konsep terkait materi-materi yang sudah dipelajari siswa, analisis tugas berhubungan dengan tugas-tugas yang diberikan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dan spesifikasai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (2) Tahap perancangan yaitu tahap pemilihan tes berupa tes exemplar problem, tahap pemilihan media yaitu LKS yang di dalamnya memuat permasalahan dalam exemplar problem, pemilihan format berupa perangkat pembelajaran dengan model problem solving performance modelling dan langkah-langkah pembelajarannya, dan tahap perancangan awal yang menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS, dan exemplar problem dalam betuk draf I. (3) Tahap pengembangan terdiri dari tahap validasi yang dilakukan oleh 2 dosen program studi pendidikan matematika Universitas Jember dan 1 guru matematika SMP Negeri 1 Jember; tahap uji keterbacaan diberikan kepada siswa kelas VII selain subyek penelitian; serta tahap uji coba lapangan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jember sebanyak 4 kali uji coba, 1 kali pemberian pretest, dan 1 kali pemberian post test dalam bentuk exemplar problem awal dan exemplar problem akhir.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran Matematika Model Mathematics Problemen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Mathematics Problem Solving Performance Modelling Pada Konten Space and Shape untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record