dc.description.abstract | Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
metode outbound berpengaruh pada kemampuan motorik kasar pada anak
kelompok A di RA Nurul Hidayah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.
Pengaruh outbound learning terhadap kemampuan motorik kasar anak ini
dilakukan dengan menggunakan beberapa tahap pelaksanaan kegiatan, yaitu tahap
persiapan, tahap pelaksanakan, dan tahap penutupan.
Peningkatan kemampuan motorik kasar tersebut dilihat dari hasil penilaian
pre- test dan post- test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Yang
menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan metode outbound
learning mendapatkan hasil uji keefektifan relatif 45% lebih efektif dari pada
kelompok kontrol. Begitu pula dengan hasil nilai t-hitung uji t-test sebesar 12,81
lebih besar jika dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikasi 0,05% sebesar
2,021. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode outbound learning memiliki
pengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok A di RA Nurul
Hidayah kecamatan Rambipuji kabupaten Jember. | en_US |