Show simple item record

dc.contributor.authorLaily, Elvin Noer
dc.contributor.authorBektiarso, Singgih
dc.contributor.authorMaryani, Maryani
dc.date.accessioned2018-07-19T08:32:30Z
dc.date.available2018-07-19T08:32:30Z
dc.date.issued2018-07-19
dc.identifier.issn2527-5917
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86326
dc.descriptionProsiding Seminar Nasional Pendidikan 2018 (Implementasi Pendidikan Karakter dan IPTEK untuk Generasi Milineal Indonesia dalam Menuju Sustainable Development Goals (SDG's) 2030)en_US
dc.description.abstractDalam kurikum 2013, perlu adanya sumber belajar yang sesuai tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa misalnya LKS. Pembelajaran fisika terkadang kurang mengeksplorasi kemampuan berfikir atau bernalar sehingga menyebabkan hasil belajar fisika masih rendah. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk melatih kemampuan bernalar siswa, maka dikembangkan LKS berbasis scientific reasoning untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa di SMA. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Megidentifikasi validitas LKS berbasis scientific reasoning, (2) Mengidentifikasi keefektifan pembelajaran setelah menggunakan LKS berbasis scientific reasoning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R & D dengan model pengembangan Plomp yang terdiri atas: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/kontruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, (5) implementasi. Berdasarkan hasil analisis data rerata validasi ahli 4,025 dan validasi pengguna 4,35 yang dapat dikategorikan valid. Keefektifan ditinjau dari hasil belajar kognitif yang diperoleh dari uji coba terbatas yang dilakukan pada 10 orang siswa kelas X SMA Negeri Pakusari. Hasil analisis data keefektifan diperoleh dari hasil pre-test dan post-test, sehingga dihasilkan rata-rata N-gain 0,45 yang dapat dikategorikan “sedang”. Sehingga dapat disimpulkan LKS berbasis scientific reasoning valid dan efektif dalam pembelajaran fisika.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLKSen_US
dc.subjectScientific Reasoningen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGEMBANGAN LKS BERBASIS SCIENTIFIC REASONING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA PADA MATERI HUKUM NEWTONen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record