dc.contributor.author | Yossyana, Valensa | |
dc.contributor.author | Bachtiar, Rayendra Wahyu | |
dc.contributor.author | Maryani, Maryani | |
dc.date.accessioned | 2018-07-19T08:30:00Z | |
dc.date.available | 2018-07-19T08:30:00Z | |
dc.date.issued | 2018-07-19 | |
dc.identifier.issn | 2527-5917 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86325 | |
dc.description | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018 (Implementasi Pendidikan Karakter dan IPTEK untuk Generasi Milineal Indonesia dalam Menuju Sustainable Development Goals (SDG's) 2030) | en_US |
dc.description.abstract | Kemampuan penalaran turut berkontribusi di dalam fisika misalnya dalam penggunaan konsep-konsep
fisika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan bernalar siswa SMA kelas XI di
Kabupaten Jember pada materi usaha dan energi sebagai salah satu modal awal mempelajari fisika.
Penalaran yang diteliti yaitu penalaran konservasi, proporsional, identifikasi dan kontrol variabel serta
korelasional. Metode yang digunakan yaitu pemberian tes berbentuk pilihan ganda dan uraian secara
berpasangan dan wawancara. Teknik skoring dilakukan secara berpasangan dengan memodifikasi
teknik skoring milik Lawson. Hasil menunjukkan masih banyak siswa yang menggunakan pemikiranpemikiran
non ilmiah dan berdasarkan pengalaman mereka sehari-hari, serta kurang mampu
menunjukkan adanya suatu bentuk verifikasi berupa kalimat-kalimat fakta yang dapat mendukung
hipotesis atau jawaban. Adanya suatu kontrol dan pengendalian variabel ketika menghadapi persoalan
mengenai suatu percobaan ditunjukkan sekitar seperempat dari jumlah responden. Dan kemampuan
untuk menunjukkan adanya hubungan antar variabel pada persoalan merupakan kemampuan yang
paling menonjol dari penalaran yang lain. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Kemampuan bernalar | en_US |
dc.subject | penalaran Lawson | en_US |
dc.title | PROFIL KEMAMPUAN BERNALAR SISWA SMA KELAS XI DI KABUPATEN JEMBER PADA MATERI USAHA DAN ENERGI | en_US |
dc.type | Prosiding | en_US |