Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari, Tri Asih
dc.contributor.authorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.authorMaryani, Maryani
dc.date.accessioned2018-07-19T08:21:30Z
dc.date.available2018-07-19T08:21:30Z
dc.date.issued2018-07-19
dc.identifier.issn2527-5917
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86322
dc.descriptionProsiding Seminar Nasional Pendidikan 2018 (Implementasi Pendidikan Karakter dan IPTEK untuk Generasi Milineal Indonesia dalam Menuju Sustainable Development Goals (SDG's) 2030)en_US
dc.description.abstractSuhu dan kalor merupakan salah satu materi dalam fisika yang di ajarkan di tingkat SMA. Miskonsepsi merupakan suatu konsepsi yang melekat dengan kuat dan stabil dibenak siswa yang sebenarnya menyimpang dari konsepsi yang dikemukakan para ahli, yang dapat menyesatkan para siswa dalam memahami fenomena alamiah dan melakukan eksplanasi ilmiah. Miskonsepsi tersebut akan mengakibatkan siswa mengalami kesalahan yang berulang untuk konsep pada tingkat berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI SMA. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes diagnostik yang berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban, alasan terbuka, disertai tingkat keyakinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada pemahaman materi suhu dan kalor yaitu sebesar 43%. Miskonsepsi yang dialami siswa banyak terjadi pada konsep yang terkait hubungan antara suhu dengan kalor perubahan wujud zat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMiskonsepsien_US
dc.subjecttes diagnostiken_US
dc.subjectsuhu dan kaloren_US
dc.titleANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA JEMBERen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record