Show simple item record

dc.contributor.advisorSUHARTININGSIH
dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH
dc.contributor.authorCAHYORINI, Bellanida Wahyu
dc.date.accessioned2018-07-11T07:06:54Z
dc.date.available2018-07-11T07:06:54Z
dc.date.issued2018-07-11
dc.identifier.nimNIM140210204088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86278
dc.description.abstractMembaca pemahaman adalah kegiatan mengamati tulisan untuk memahami isi bacaan. Membaca pemahaman merupakan proses sungguh-sungguh yang dilakukan pembaca untuk memperoleh informasi, pesan, dan makna dalam sebuah bacaan. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember pada 1 Agustus 2017, diketahui bahwa pada saat kegiatan pembelajaran membaca secara bergantian masih banyak siswa yang kurang memperhatikan dan ketika guru memberikan pertanyaan tentang bacaan sebagian besar siswa masih membaca ulang. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin menguji cobakan salah satu strategi membaca pemahaman yaitu SQ3R. Strategi SQ3R merupakan salah satu strategi pembelajaran membaca yang sangat tepat digunakan untuk membelajarkan membaca pemahaman. Salah satu indikator membaca pemahaman yaitu menuliskan kalimat utama, sesuai dengan kompetensi dasar bahasa Indonesia kelas IV yaitu menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif. Strategi ini dipilih karena langkahlangkah strategi SQ3R cukup sederhana dan jelas serta memiliki dampak signifikan apabila diterapkan untuk kegiatan membaca.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204088;
dc.subjectStrategi Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Pencapaian Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa.en_US
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sdn Kebonsari 04 Jember.en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record