Pengembangan Model Pembelajaran Gsece (Guiding, Searching, Experiencing, Communicating, Evaluating) Untuk Pembelajaran Fisika Di Smk
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi siswa sehingga
pembelajaran berhasil baik yaitu dapat dilakukan melalui mengembangkan model
pembelajaran. Model pembelajaran yang dikembangkan didesain mampu
meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa serta mampu menjadikan
siswa belajar mencari dan mengalami sendiri dengan menggunakan model
pembelajaran GSECE (Guiding, Searching, Experiencing, Communicating,
Evaluating).
Model pembelajaran GSECE melatih siswa untuk mencari dan
menemukan sendiri pengetahuannya serta menghubungkan dengan pengalaman
dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
model pembelajaran GSECE yang valid dan praktis untuk pembelajaran Fisika di
SMK, serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, respon siswa dan
aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
menurut Borg and Gall. Subjek penelitian adalah siswa SMK kelas X TKJ di
SMK Negeri 7 Jember. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu
menggunakan lembear validasi, lembar observasi keterlaksanaan, lembar
observasi aktivitas belajar siswa, lembar angket respon siswa dan tes.