Show simple item record

dc.contributor.authorSURYO PURNOMO
dc.date.accessioned2013-12-12T07:33:53Z
dc.date.available2013-12-12T07:33:53Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM050210101172
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8615
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat membawa dampak pada pengembangan pembelajaran di bidang pendidikan, khususnya mata pelajaran matematika yang relatif kurang disukai oleh siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ini terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: Rencana Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa (LKS), media pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer, dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Jember kelas IX F. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah perangkat pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer pada sub pokok bahasan Keliling dan Luas Lingkaran kelas VIII SMP yang valid. Dari penilaian yang diberikan validator diperoleh nilai tingkat kevalidan LKS sebesar 5 yang berarti sangat valid, nilai tingkat kevalidan RPP sebesar 4,86 yang berarti pada kategori valid, nilai tingkat kevalidan media pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer sebesar 4,97 yang menunjukkan kategori valid, dan nilai tingkat ix kevalidan alat evaluasi sebesar 4,96 yang menunjukkan kategori valid. Dengan demikian, dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan siap digunakan oleh guru sebagai perangkat pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer sebagai alternatif pembelajaran matematika. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101172;
dc.subjectPERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL, KOMPUTERen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL BERBANTUAN KOMPUTER PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS LINGKARAN KELAS VIII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record