Show simple item record

dc.contributor.authorDAYU ARIEF ILHAM ZAH
dc.date.accessioned2013-12-12T07:31:14Z
dc.date.available2013-12-12T07:31:14Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210204316
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8611
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SDN Gambiran 03 dimana SD Negeri Gambiran 03 merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang terletak di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember yang dalam proses belajar mengajar masih mengunakan metode dan media yang kurang bervariasi. Dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan fakta bahwa mata pelajaran IPS di SDN Gambiran 03 merupakan mata pelajaran yang kurang diminati terutama di kelas IV. Hal itu disebabkan karena guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media dalam proses pembelajaran. Hal ini meyebabkan aktivitas guru dan siswa bersifat monoton seperti, hanya mencatat, menghafal, dan mengerjakan soal sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara tersebut dapat diperoleh rumusan masalah yaitu : 1). Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Masalah Sosial dengan menggunakan media Gambar Bermakna di SDN Gambiran 03 ? 2). Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Masalah Sosial dengan menggunakan media Gambar Bermakna di SDN Gambiran 03 ? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1 Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Masalah Sosial dengan menggunakan gambar bermakna di SDN Gambiran 03. 2). Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Masalah Sosial dengan menggunakan gambar bermakna di SDN Gambiran 03. Desain dari penelitian ini adalah model PTK berbentuk sprilal dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Datadata dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh 2 orang observer. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, diketahui pada siklus 1 persentase yang diperoleh mencapai sebesar 60,71% sedangkan pada siklus 2 persentase yang diperoleh mencapai 78,57%, dari hasil tersebut tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 17,86%. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 57,14%, Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus 2 mencapai 78,57%. Dari hasil tersebut menunjukkan presentase hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 21,43%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media gambar bermakna dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Masalah-masalah sosial di SDN Gambiran 03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204316;
dc.subjectMedia Gambar Bermakna , IPS, Masalah Sosialen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERMAKNA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK MASALAH SOSIAL GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN GAMBIRAN 03 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record