Show simple item record

dc.contributor.advisorNURIMAN
dc.contributor.advisorHUTAMA, Fajar Surya
dc.contributor.authorMAULIDINA, Zakiyatu
dc.date.accessioned2018-06-29T01:54:05Z
dc.date.available2018-06-29T01:54:05Z
dc.date.issued2018-06-29
dc.identifier.nimNIM140210204068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86075
dc.description.abstractJenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimental dengan desain pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes. Data yang dianalisis berupa beda nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan penghitungan uji homogenitas. Data yang dianalisis untuk uji homogenitas ini diperoleh dari nilai Ulangan Tengah Semester (UTS) semester ganjil. Penghitungan uji homogenitas menggunakan uji Levene Test dengan bantuan program SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil penghitungan uji homogenitas, dapat diketahui bahwa nilai Fhitung diperoleh sebesar 1,374. Selanjutnya hasil tersebut dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh harga Ftabel sebesar 1,794. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa Fhitung < Ftabel (1,374 < 1,794), sehingga dapat disimpulkan bahwa keadaan kedua sampel tersebut sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Berdasarkan hasil penghitungan uji homogenitas di atas menunjukkan bahwa kondisi awal siswa antara kelas VA dan VB sebelum diberikan perlakuan (treatment) adalah relatif sama, sehingga memenuhi syarat untuk digunakan sebagai objek penelitian. Selanjutnya menggunakan teknik undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun hasilnya kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis adalah selisih (beda) nilai antara pre-test dan post-test pada kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB). Beda nilai pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan rumus uji t-test. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan program SPSS versi 17.0, diperoleh harga thitung sebesar 5,798, selanjutnya harga thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5%. Diketahui nilai derajat kebebasan (dbd) adalah jumlah keseluruhan sampel dikurangi 2, yaitu 35 + 33 – 2 = 66, kemudian nilai ttabel dapat dihitung dengan program ms.excel menggunakan formula {=TINV(0,05;66)}, sehingga diperoleh harga ttabel sebesar 1,996. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (5,798 > 1,996), dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media teka teki silang terhadap hasil belajar IPA kelas V di SDN Tegalgede 01 Jember. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran inovatif bagi guru, dan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya yang serupa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204068;
dc.subjectMEDIA TEKA TEKI SILANGen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN TEGALGEDE 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record