Show simple item record

dc.contributor.advisorSUNARDI
dc.contributor.advisorNURIMAN
dc.contributor.authorWIJAYANTI, Ria Estima
dc.date.accessioned2018-06-28T06:21:03Z
dc.date.available2018-06-28T06:21:03Z
dc.date.issued2018-06-28
dc.identifier.nimNIM140210204050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86040
dc.description.abstractPendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia sutuhnya. Tujuan pendidikan akan dapat dicapai melalui aktivitas pendidikan. Evaluasi pendidikan merupakan aktivitas pendidikan yang memiliki peranan penting guna mengetahui tingkat efetifitas dan efisiensinya dalam upaya pengembangan seluruh aspek kepribadian peserta didik. Bidang studi matematika memiliki beraneka ragam karakteristik, salah satunya adalah mempunyai onjek yang bersifat abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya berbagai kesalahan yang dilakukan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika Kesulitan yang dialami siswa memungkinkan terjadinya kesalahan ketika siswa menjawab soal. Kesalahan tersebut perlu diidentifikasi dan dicari faktor yang dapat mempengaruhinya. Oleh karena itu, tujuan penelitian adalah untuk: (1) mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa kelas V SDN Patrang 01 Jember dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika menurut kategori Watson, (2) mengetahui persentase masing-masing kesalahan siswa kelas V SDN Patrang 01 Jember dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika menurut Watson, (3) menelaah faktor-faktor penyebab siswa kelas V SDN Patrang 01 Jember melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika menurut Watson. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Patrang 01 Jember. Instrumen penelitian berupa soal tes yang diambil dari soal olimpiade matematika Nasional tahun 2013, 2014 dan 2015 dengan banyaknya soal adalah tiga butir. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Data hasil tes digunakan untuk menentukan subjek wawancara mengenai kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika. Wawancara dilakukan pada siswa yang memilki kesalahan paling banyak, satu siswa mewakili satu kesalahan menurut Watson. Hasil wawancara dianalisis guna mengetahui penyebab siswa tersebut melakukan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori kesalahan data tidak tepat (inappropriate data/id) mendapatkan persentase sebesar 12%. Kategori kesalahan prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip) memperoleh persentase sebanyak 30,28%. Kategori kesalahan data hilang (omitted data/od) sebesar 6,85%. Kategori kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc) diperoleh persentase sebanyak 38,28%. Kategori kesalahan konflik level respon (responce level conflict/rlc) sebanyak 6,28%. Kategori kesalahan manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um) diperoleh persentase 4%. Kategori kesalahan masalah hierarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp) sebanyak 1,14% dan kategori kesalahan selain ketujuh jenis kesalahan (above other/ao) diperoleh persentase sebanyak 1,14%. Berdasarkan temuan hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata persentase kesalahan yang dilakukan siswa paling banyak jenis kesalahan kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc) maka guru perlu 1) menekankan pemahaman konsep secara mendetail dan jelas untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika; 2) memberikan latihan-latihan soal olimpiade matematika yang lebih bervariasi secara berkelanjutan; dan 3) memotivasi siswa untuk lebih mengembangkan keterampilan yang dimilkinyadalam menyelesaikan soal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204050;
dc.subjectSISWAen_US
dc.subjectSOAL OLIMPIADE MATEMATIKAen_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS V SDN PATRANG 01 JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record