Show simple item record

dc.contributor.advisorDJAJA, Sutrisno
dc.contributor.advisorKANTUN, Sri
dc.contributor.authorINDRIYASTUTI, Neneng
dc.date.accessioned2018-06-28T01:35:26Z
dc.date.available2018-06-28T01:35:26Z
dc.date.issued2018-06-28
dc.identifier.nimNIM120210301033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86031
dc.description.abstractPT Sinar Mas Multifinance merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa usaha pembiayaan sewa guna usaha, anjak piutang, dan pembiayaan konsumen. Dengan bunga menarik, proses cepat dan mudah membuat masyarakat mempertimbangkan lembaga ini sebagai salah satu lembaga yang akan membantu memenuhi kebutuhannya. Dalam memberikan kredit, beberapa lembaga keuangan mengalami kredit bermasalah atau dengan kata lain nasabah tidak mampu lagi untuk melunasi kreditnya dan hal ini menimbulkan kerugian bagi pihak pemberi kredit. Fokus dari penelitian ini yaitu mencari tahu mengenai penyebab dari kredit bermasalah di PT Sinar Mas Multifinance Cabang Jember serta bagaimana penyelesaian dari kredit bermasalah tersebut. Kredit berkembang menjadi bermasalah dapat disebabkan oleh berbagai hal yang berasal dari nasabah, dari kondisi eksternal, bahkan dari bank pemberi kredit sendiri. Penyelesaian kredit bermasalah biasanya dengan beberapa metode yaitu Rescheduling, Reconditioning, Resstructuring, Kombinasi, serta Penyitaan jaminan. Lokasi dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area. Subjek dalam penelitian ini menggunakan metode purposive, yaitu peneliti menentukan dengan sengaja subjek penelitian yang akan diteliti. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah karyawan di PT Sinar Mas Multifinance Cabang Jember. Untuk informan utama dalam penelitian ini adalah Bapak Agung Tri Widodo selaku Head Collector di PT Sinar Mas Multifinance Cabang Jember. Untuk informan pendukung dalam penelitian ini 5 orang debitur PT Sinar Mas Multifinance Cabang Jember. Sedangkan dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan,yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peyebab kredit bermasalah di PT Sinar Mas Multifinance Cabang Jember terdiri dari: (1) Kesalahan lembaga itu sendiri , dalam hal ini kesalahan dapat disebabkan karena kurangnya pengecekan terhadap latar belakang calon debitur. Terlalu agresif terhadap calon debitur karena ingin mencapai target. (2) Penurunan kondisi usaha debitur (3) Terlilit hutang dengan pihak lain, (4) Digunakan untuk keperluan lain, (5) Itikad tidak baik, (6) Pemecatan debitur atau PHK. Langkah-langkah yang dilakukan pihak PT Sinar Mas Multifinance Cabang Jember untuk menyelesaikan kredit bermasalah, antara lain : (1) Melakukan Peringatan tertulis pada debitur 1-3x. Jika di PT Sinar Mas Multifinance ada debitur yang telat dalam melunasi hutangnya, maka sebelum dilakukan penagihan secara langsung PT Sinar Mas Multifinance cabang Jember memberikan peringatan tertulis kepada debitur yang ke I. Surat Peringatan ke I diberikan ketika debitur terlambat 10 hari dari tanggal pembayaran angsuran kredit. Jika peringatan I tidak ada tanggapan dari nasabah maka dilakukan peringatan ke II. Peringan ke II dikeluarkan ketika debitur terlambat 20 hari dari tanggal pembayaran angsuran kredit. Jika masih tetap tidak ada tanggapan dari pihak debitur maka dilakukan peringatan III setelah 30 hari. (2) Mendatangi debitur bersama tim-tim atau penanganan oleh team supoort serta Head Collector. (3) Dilakukan penarikan unit dan pelelangan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210301033;
dc.subjectKREDIT BERMASALAHen_US
dc.subjectPT. SINAR MAS MULTIFINANCE CABANG JEMBERen_US
dc.titleIDENTIFIKASI KREDIT BERMASALAH PADA PT. SINAR MAS MULTIFINANCE CABANG JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record