dc.description.abstract | Pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 meliputi kegiatan menggali
informasi melalui pengamatan, bertanya, percobaan, kemudian mengolah data atau
informasi, menyajikan data atau informasi, dilanjutkan dengan menganalisis,
menalar, kemudian menyimpulkan, dan mencipta. Dalam mengimplentasikan
langkah-langkah pendekatan saintifik diperlukan partisipasi penuh dan keaktifan
siswa selama proses pembelajaran. Studi pendahuluan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri
Arjasa Jember ditemukan fakta bahwa guru mengalami kendala di dalam menerapkan
pendekatan saintifik pada mata pelajaran Biologi di kelas XI IPA. Dalam proses
pembelajarannya guru memadukan model-model pembelajaran di dalam pendekatan
saintifik, tergantung dari kemampuan kelas dan materi yang diajarkan. Dengan
perpaduan model pada pendekatan saintifik ini, guru berharap siswa akan belajar
sambil bermain. Akan tetapi, kendala yang dihadapi adalah waktu penerapan model
yang cukup lama dan siswa cenderung bermain, sehingga kurang efektif dan efisien
dalam penerapan pendekatan saintifik. Untuk itu guru perlu mencoba strategi baru
yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2. Penerapan
mind mapping dalam pendekatan saintifik diharapkan dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2, dikarenakan mind mapping lebih menekankan
pada konsep manajemen pembelajaran visual yang efisien dan kreatifitas berpikir
siswa dengan membuat catatan menarik yang efektif sehingga siswa mudah untuk
memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas XI IPA 2 agar mencapai SKM pada mata pelajaran biologi.
Penelitian ini termasik jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan
observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive,
yaitu pada kelas XI IPA 2 di SMA Negeri Arjasa Jember. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif
Hasil data penelitian menunjukkan bahwa penerapan mind mapping dalam
pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa
Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Arjasa Jember pada mata pelajaran Biologi Sub Materi
Sistem Pencernaan Manusia dan Hewan semester genap tahun pelajaran 2015/2016.
Peningkatan aktivitas belajar tersebut dapat dilihat dari Kriteria keaktifan aktivitas
belajar yang meningkat dari kriteria sedang menjadi kriteria aktif. Peningkatan pada
hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan pencapaian ketuntasan
klasikal 76,19% pada siklus I dan 88,09% pada siklus II. | en_US |