dc.description.abstract | Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengkaji validitas,
keterlaksanaan, dan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa SMA dengan
menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi collaborative creativity
dalam pembelajaran fisika terutama pada pokok bahasan dinamika partikel.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian menurut
Nieveen yang meliputi preliminary research, prototyping stage, dan assessment
stage.
Tahap preliminary research dilakukan studi pendahuluan yaitu melakukan
wawancara, dan mengkaji penelitian-penelitian terdahulu untuk menganalisis
kebutuhan. Tahap prototyping stage dirancang LKS berorientasi collaborative
creativity yang meliputi tahapan identifikasi masalah, eksplorasi ide kreatif,
collaborative creativity, elaborasi ide kreatif, serta evaluasi proses dan hasil.
Lembar Kerja Siswa berorientasi collaborative creativity dinilai kevalidannya oleh
dua ahli dalam pendidikan fisika sehingga didapatkan perhitungan nilai rata-rata
kedua validator menunjukkan skor 3,62 dengan kriteria penilaian validasi perangkat
pembelajaran dalam kategori sangat valid.
Hasil dari penelitian ini masuk dalam tahap assessment stage berupa
Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi collaborative creativity untuk diuji
cobakan pada kelas X IPA 2 SMAN Arjasa Jember. Proses pembelajaran dilakukan
selama 4 kali pertemuan. Keterlaksanaan dilakukan dengan pengamatan oleh tiga
observer yang menunjukkan selama 4 kali pertemuan memiliki skor rata-rata yaitu
3,25 < Skor ≤ 4,00 yang berarti bahwa pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.
Hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Siswa
berorientasi collaborative creativity menunjukkan hasil yang meningkat baik
kemampuan argumentasi ilmiah maupun kemampuan kognitif siswa. Rata-rata
pretest dan posttest kelas X IPA 2 adalah 35,2 dan 64,1 dengan nilai N-Gain sebesar
44,6%. Rata-rata pretest dan posttest kelas X IPA 3 adalah 34,9 dan 60,1 dengan
nilai N-Gain sebesar 38,9. Analisis nilai pretest dan posttest tersebut menunjukkan
kriteria sedang yang artinya bahwa hasil pembelajaran dengan penggunaan Lembar
Kerja Siswa berorientasi collaborative creativity termasuk dalam produk yang
efektif untuk pembelajaran.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah menghasilkan LKS berorientasi
collaborative creativity dalam pembelajaran fisika berupa produk yang valid
berdasarkan penilaian ahli, dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan kegiatan
pembelajaran, dan produk yang efektif didasarkan pada nilai pretest dan posttest
siswa. | en_US |