• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kalimat Tidak Efektif Dalam Rubrik Jati Diri Surat Kabar Jawa Pos Edisi 2016

    Thumbnail
    View/Open
    Alivia Davy Ratu Pericha - 130210402087.pdf (2.077Mb)
    Date
    2018-06-26
    Author
    Pericha, Alivia Davy Ratu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis kalimat tidak efektif merupakan suatu upaya untuk mengkaji kalimat tidak efektif yang tidak hanya mengkaji aspek linguistiknya saja, tetapi membongkar makna, konteks, pelaku, serta implikasi dari analisis kalimat tidak efektif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Dalam penelitian ini yang menjadi objek adalah rubrik Jati Diri di Jawa Pos. Kalimat tidak efektif dalam rubrik Jati Diri Jawa Pos diketahui menggunakan bentuk-bentuk kalimat yang tidak sepadan struktur, tidak paralel, tidak tegas, tidak hemat, tidak cermat, tidak padu, dan tidak logis. Misalnya dalam sebuah rubrik tertulis kalimat yang ambigu atau tidak jelas maknanya sehingga membuat pembaca salah arti atau tidak tepat makna. Melalui kajian ini diharapkan dapat mengetahui bentuk-bentuk kalimat tidak efektif, makna, konteks, pelaku, serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Berdasarkan penjelasan tersebut, masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bentuk kalimat tidak efektif dalam rubrik Jati Diri surat kabar Jawa Pos edisi 2016, (2) implikasi analisis kalimat tidak efektif dalam rubrik Jati Diri surat kabar Jawa Pos edisi 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif analisis kalimat tidak efektif. Data penelitian berupa kalimat tidak efektif yang diindikasikan menjawab rumusan permasalahan penelitian, yaitu bentuk-bentuk penggunaan kalimat tidak efektif dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sumber data penelitian ini adalah rubrik Jati Diri Surat Kabar Jawa Pos edisi 2016 bulan Agustus sampai Oktober. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tabel pengumpul data dan tabel analisis data. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian kalimat tidak efektif dalam rubrik Jati Diri surat kabar Jawa Pos edisi 2016, dapat disimpulkan bahwa bentukbentuk penggunaan kalimat tidak efektif meliputi: (1) kalimat tidak sepadan struktur, (2) kalimat tidak paralel, (3) kalimat tidak tegas, (4) kalimat tidak hemat, (5) kalimat tidak cermat, (6) kalimat tidak padu, dan (7) kalimat tidak logis. Hasil penelitian analisis kalimat tidak efektif dalam rubrik Jati Diri surat kabar Jawa Pos edisi 2016 ini dapat dijadikan referensi untuk pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Peserta didik dapat mempelajari ciri kalimat efektif dengan cara mengidentifikasi kalimat yang ditulis temannya serta memperbaiki kalimat yang tidak efektif sesuai dengan ciri kalimat efektif. Implikasinya, peserta didik dapat memahami kalimat yang ditulisnya dalam menulis karya tulis dengan mempertimbangkan kejelasan subjek dan predikat, kejelasan kalimat, dan penggunaan kata yang sesuai, serta mampu menulis artikel menggunakan kalimat efektif. Berdasarkan uraian di atas, saran yang yang dapat diberikan kepada dosen dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan diskusi mata kuliah Sintaksis dan Menulis. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang sedang menulis skripsi, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk menulis kalimat efektif dari segi fungsi kalimat, susunan kata, konstruksi gagasan, kata hubung, makna kata/frasa, dan pengulangan kata/frasa dengan baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku. Bagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP dan SMA, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk menganalisis pola kalimat tidak efektif, khususnya untuk meningkatkan keterampilan menulis pada kurikulum 2013 yang berbasis teks.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86004
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository