dc.description.abstract | Hasil penilaian dari validasi ahli menunjukkan komponen kelayakan isi
memiliki nilai 78,33 % dan berkategori cukup valid. Kelayakan bahasa memiliki nilai
80,56% dan berkategori valid. Kelayakan penyajian memiliki nilai 87,50% dan
berkategori valid. Kelayakan kegrafikaan memiliki nilai 87,50% dan berkategori
valid. Berdasarkan validasi ahli, diperoleh kesimpulan bahwa buku ajar fisika
berbasis representasi GVM dapat digunakan dengan revisi kecil. Tes keterbacaan
buku ajar memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,96% dan termasuk dalam kategori
tinggi. Sedangkan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang dianalisis
dengan N-gain menunjukkan kategori tinggi untuk indikator analisis, inferensi,
interpretasi, dan evaluasi.
Hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh pada pengembangan buku
ajar fisika berbasis representasi GVM yang telah diuraikan, maka buku ajar ini dapat
dikatakan layak untuk menigkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Secara
penjabaran kesimpulan dari komponen kelayakan adalah layak baik ditinjau dari
kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, maupun kelayakan
kegrafikaan buku ajar, dari komponen keefektifan, buku ajar dinilai efektif digunakan
untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMK. | en_US |