Show simple item record

dc.contributor.advisorMAHARDIKA, I Ketut
dc.contributor.advisorHARIJANTO, Alex
dc.contributor.authorSARI, Yunita Indah
dc.date.accessioned2018-06-24T02:31:33Z
dc.date.available2018-06-24T02:31:33Z
dc.date.issued2018-06-24
dc.identifier.nimNIM130210102088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85929
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu pengetahuan yang lahir dan berkembang melalui langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan serta penemuan teori konsep. Fisika terdiri dari banyak konsep dan prinsip yang ada pada umumnya sangat abstrak sehingga menyulitkan siswa dalam menginterpretasikan konsep dan prinsip tersebut secara tepat. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru fisika di 5 sekolah SMAN/SMA Kabupaten Lumajang, siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran fiiska dan hasil belajar kognitif fisika siswa kurang maksimal. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa belum mencapai KKM. Permasalahan tersebut dapat disebabkan oleh pemilihan model pembelajaran yang kurang sesuai yang digunakan oleh guru, sehingga kurang menonjolkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Siswa juga kurang antusias dalam belajar dan siswa kurang berkonsentrasi selama pembelajaran berlangsung. Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan model pembelajaran yang memusatkan pembelajaran pada siswa sehingga siswa lebih aktif dan dapat meningkatkan pemahaman konsep dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, penyajian materi dalam model pembelajaran ini selalu dikaitkan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari sehingga siswa lebih mudah memahami isi pelajaran dan menuntut siswa untuk aktif berpikir. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai pembelajaran getaran harmonis menggunakan model PBL disertai LKS berbasis representasi gambar dan matematik di SMA Lumajang. Tujuan dari penelitian ini antara lain mengkaji pengaruh pembelajaran getaran harmonis menggunakan model PBL disertai LKS berbasis representasi gambar dan matematik di SMA Lumajang terhadap hasil belajar kognitif siswa dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan dilakukan di SMAN Candipuro-Lumajang. Sebelum menentukan sampel, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi kelas XI yang terdiri dari 5 kelas dan diambil 2 kelas yaitu 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Sumber data berasal dari guru, siswa, penilaian observer, dan post-test. Uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan Mann Whitney U Test berbantuan SPSS 25. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji normalitas untuk mengetahui sebaran data hasil belajar kognitif siswa dan aktivitas belajar siswa terdistribusi normal atau tidak. Berdasarkan hasil analisis untuk nilai hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) adalah 0,007, pengujian hipotesis untuk hasil belajar kognitif siswa menggunakan pengujian pihak kanan, dengan cara membagi 2 nilai signifikasi menjadi 0,0035, yang mana hasil tersebut lebih kecil daripada 0,05, sehingga Ha diterima dan dapat inyatakan bahwa hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis Mann Whitney U Test untuk nilai aktivitas tiap pertemuan dan tiap indikator aktivitas belajar siswa didapatkan nilai sig.(2-tailed) rata-rata secara keseluruhan adalah 0,004, pengujian hipotesis menggunakan uji satu pihak yaitu pihak kanan (1-tailed), sehingga nilai signifikansi dibagi 2, menjadi 0,002, yang mana hasil ini lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima, dan dapat dinyatakan bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik aktivitas belajar siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa (1) pembelajaran getaran harmonis menggunakan model PBL disertai LKS berbasis representasi gambar dan matematik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa; (2) pembelajaran getaran harmonis menggunakan model PBL disertai LKS berbasis representasi gambar dan matematik berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102088;
dc.subjectPEMBELAJARAN GETARAN HARMONISen_US
dc.subjectMODEL PBL DISERTAI LKSen_US
dc.subjectBERBASIS REPRESENTASI GAMBAen_US
dc.subjectMATEMATIKen_US
dc.titlePEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS MENGGUNAKAN MODEL PBL DISERTAI LKS BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR DAN MATEMATIK DI SMA LUMAJANGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record