dc.description.abstract | Penelitian ini menguji secara empiris pengaruh rasio profitabilitas, rasio
likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktifitas, ukuran perusahaan, opini audit
tahun sebelumnya, dan reputasi kantor akuntan publik terhadap opini audit
going concern pada perusahaan sektor konsumer yang telah terdaftar pada BEI
tahun 2014-2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 33
perusahaan sektor konsumer yang bisa digunakan sebagai unit analisis dengan
dengan periode pengamatan 3 tahun sehingga berjumlah 99 data observasi.
Penelitian ini menggunakan metode analisis data regresi logistic. Hasil dari
penelitian ini membuktikan bahwa rasio profitabilitas,rasio likuiditas,rasio
solvabilitas, ukuran perusahaan, reputasi KAP tidak berpengaruh signifikan
terhadap opini audit going concern. Sementara itu rasio aktifitas dan opini audit
tahun sebelumnya berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern.
Keterbatasan dalam penelitian ini adalah sampel dari perusahaan sektor
konsumer kurang mampu menjelaskan keseluruhan pengaruh variabel
independen terhadap variabel dependen karena perlu adanya sektor selain
konsumer (Manufaktur) yang cakupan perusahaanya lebih luas, sehingga
semakin banyak perusahaan yang diteliti semakin halus data yang akan
diperoleh. | en_US |