dc.description.abstract | Iklan merupakan bagian dari kegiatan promosi. Saat ini banyak iklan yang
memasukkan unsur cerita dan kreativitas di dalamnya. Perkembangan teknologi
membuat perusahaan bersaing satu sama lain dengan mengiklankan produknya
melalui media online. Traveloka merupakan salah satu produk yang
memanfaatkan media online sebagai media iklan dan menggunakan unsur cerita
serta kreativitas di dalamnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji efektivitas
iklan Traveloka versi “Saat Memesan Tiket Pesawat Tak Lagi Ribet, Rizna
Nyctagina” pada media online. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan
kuisioner secara online dan offline di Kota Jember pada bulan Januari 2018.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi dari
penelitian ini yaitu orang-orang yang pernah melihat iklan Traveloka versi “saat
memesan tiket pesawat tak lagi ribet, Rizna Nyctagina” pada media online dan
belum pernah menggunakan Traveloka. Penelitian ini menggunakan prosedur non
probability sampling dengan purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian
ini sebanyak 110 orang responden. Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif
yang dikuantitatifkan. Sumber data yaitu data primer diperoleh dari kuisioner dan
data sekunder diperoleh dari internet, buku referensi, dan jurnal penelitian
terdahulu. Metode analisis data yang digunakan ada tiga tahap, yaitu analisis
tabulasi sederhana, skor rata-rata, dan EPIC rate.
Hasil analisis data menunjukkan iklan Traveloka versi “saat memesan tiket
pesawat tak lagi ribet, Rizna Nyctagina” cukup efektif berdasarkan EPIC model.
Dimensi empati dengan skor 3,25 dinyatakan cukup efektif. Dimensi persuasi
dengan skor 3,12 dinyatakan cukup efektif. Dimensi dampak dengan skor 3,25
dinyatakan cukup efektif. Dimensi komunikasi dengan skor rata-rata 3,55
dinyatakan efektif. Hal ini menunjukkan bahwa iklan Traveloka versi “saat
memesan tiket pesawat tak lagi ribet, Rizna Nyctagina” cenderung kearah
komunikasinya. | en_US |