Show simple item record

dc.contributor.authorMOH. KHOZINATUL ASROR
dc.date.accessioned2013-12-12T07:14:14Z
dc.date.available2013-12-12T07:14:14Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM060210102158
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8584
dc.description.abstractIPA adalah ilmu pengetahuan yang sistematis dan dirumuskan berdasarkan hasil pengamatan dan induksi, yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan . Ilmu fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami alam secara sistematis. Fisika bukan hanya penguasaan sekumpulan pengetahuan berupa fakta, konsep, dan prinsip kerja saja, tetapi juga sebagai suatu penemuan. Tujuan pembelajaran fisika di lembaga sekolah yaitu memberikan bekal pengetahuan tentang fisika, kemampuan dalamketerampilan, proses meningkatkan kreatifitas, dan sikap ilmiah untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia sekarang. Untuk mencapai sasaran tersebut, maka pembelajaran fisika perlu dilaksanakan secara baik dan benar. Upaya memperbaiki pembelajaran selain melalui pembaharuan kurikulum, perubahan pola kegiatan pembelajaran, pemilihan media pendidikan, strategi , model maupun metode pembelajaran yang sesuai dan pola penilaian akan menentukan hasil pendidikan. Salah satu strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik fisika yaitu strategi image streaming (mengalirkan bayangan). Strategi image streaming (mengalirkan bayangan) adalah strategi pembelajaran yang memanfaatkan teknik pemikiran visual yang memulai suatu visualisasi dan kemudian melihat apa yang dapat dipelajari dari hal-hal yang teramati. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan hasil belajar siswa SMK yang menggunakan strategi image streaming (mengalirkan bayangan) dengan pembelajaran konvensional. (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan strategi image streaming (mengalirkan bayangan) Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai ? ? ? dan nilai = 2.0042 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 79,5095%. dan termasuk pada kategori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar fisika siswa yang menggunakan strategi image streaming (mengalirkan bayangan) dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember tahun ajaran 2010/2011 berbeda signifikan. (2) aktivitas siswa SMK Negeri 2 Jember tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika dengan menggunakan strategi image streaming (mengalirkan bayangan) termasuk dalamkategori aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102158;
dc.subjectStrategi Image Streaming (Mengalirkan Bayangan), Fisikaen_US
dc.titlePENGGUNAAN STRATEGI IMAGE STREAMING (MENGALIR - KAN BAYANGAN) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK (Studi Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Kelas XI SMK Negeri 2 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record