dc.description.abstract | Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaran yang disajikan
kepada siswa dengan situasi permasalahan yang identik dan bermakna dapat
memberikan kemudahan dalam melakukan penyelidikan. Tanpa adanya
permasalahan yang mudah dipahami oleh siswa, maka siswa akan kesulitan
mengenali permasalahan tersebut sehingga, mereka belum mampu menuangkan
pemikiran kritisnya secara maksimal. Pada kenyataannya, kemampuan berpikir
kritis siswa kelas IV B SDN Patrang 01 Jember dalam mengenali dan
menyelesaikan permasalahan di dalam materi yang diberikan masih belum
maksimal. Masalah tersebut disebabkan karena siswa belum dibiasakan untuk
berpikir kritis selama pembelajaran dan soal-soal yang diberikan kepada siswa
juga masih mencakup C1 dan C2 saja. Hasil tes bedasarkan lima indikator
berpikir kritis siswa pada pra siklus menunjukkan bahwa persentase kemampuan
berpikir kritis siswa sebesar 54,7% dengan kategori rendah.
Terkait dengan latar belakang tersebut, rumusan masalah penelitian ini
adalah “bagaimana peningkatan berpikir kritis siswa kelas IV B dengan
penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan media flash card tema citacitaku
di SDN Patrang 01 Jember?”. Tujuan penelitian ini adalah “untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV B melalui penerapan
Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan media flash card tema cita-citaku di
SDN Patrang 01 Jember. | en_US |