Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.authorMaghfirah, Ana
dc.date.accessioned2018-06-06T01:41:21Z
dc.date.available2018-06-06T01:41:21Z
dc.date.issued2018-06-06
dc.identifier.nimNIM 140210204044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85829
dc.description.abstractPembelajaran IPA bertujuan agar siswa dapat belajar dari lingkungan sekitar untuk membentuk konsep siswa tentang alam. Proses pembelajaran yang kurang melibatkan siswa dapat menjadikan siswa kurang memahami materi pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang cocok diterapkan pada pembelajaran IPA adalah metode outdoor study. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode outdoor study terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA pokok bahasan gaya kelas IV. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan di SDN Gebang 04 Jember mulai tanggal 15 Januari sampai tanggal 26 Januari 2018. Penelitian ini menggunakan pola non-equivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Gebang 04 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan bahwa to < ttabel yaitu 0,547 < 2,017 yang berarti kemampuan awal sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang merupakan skor tes kemampuan berpikir kreatif siswa berupa hasil pre-test dan post-test yang dianalisis thitung > ttabel (5,822 > 2,017). Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 yang berbunyi tidak ada pengaruh metode outdoor study terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA pokok bahasan gaya siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember ditolak dan Ha yang berbunyi ada pengaruh metode outdoor study terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember diterima dengan hasil uji efektifitas relatif pada analisis data diperoleh ER = 70,002%en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMETODE OUTDOOR STUDYen_US
dc.titlePENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GAYA SISWA KELAS IV SDN GEBANG 04 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record