Show simple item record

dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk
dc.contributor.advisorHutama, Fajar Surya
dc.contributor.authorLylamatiin, Rahmatanti
dc.date.accessioned2018-05-28T01:52:48Z
dc.date.available2018-05-28T01:52:48Z
dc.date.issued2018-05-28
dc.identifier.nimNIM130210204019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85792
dc.description.abstractPenerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran di kelas IVB SDN Sumbersari 01 masih belum optimal pada tahap mengamati, menalar dan mengumpulkan informasi serta penggunaan media dan model pembelajaran kurang bervariatif. Penggunaan model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran review, overview, presentation, exercise, summary (ROPES). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran review, overview, presentation, exercise, summary (ROPES) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB tema daerah tempat tinggalku di SDN Sumbersari 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2016/2017?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran review, overview, presentation, exercise, summary (ROPES) berjalan lancar sesuai dengan RPP yang telah disusun. Siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Aktivitas belajar siswa pada prasiklus 48,4% dengan kriteria kurang aktif, pada siklus I meningkat menjadi 65% dengan kriteria cukup aktif demikian juga dengan siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,4% dengan kriteria sangat aktif. Secara klasikal ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotor mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Ranah afektif prasiklus sebesar 60,3 dengan kriteria cukup/sedang, pada siklus I meningkat menjadi 74,5 dengan kriteria baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 81,9 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa prasiklus sebesar 67,9 dengan kriteria cukup/sedang, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 72,8 dengan kriteria baik, begitu juga pada siklus II meningkat menjadi 80 dengan kriteria sangat baik. Ranah prikomotor siswa dalam prasiklus sebesar 62,1 dengan kriteria cukup/sedang, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 75,3 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 82 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran review, overview, presentation, exercise, summary (ROPES) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di SDN Sumbersari 01 Jember. Saran bagi guru, diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran ROPES sebagai alternatif pembelajaran di kelas, sehingga siswa lebih antusias dalam proses pembelajaran. Bagi peneliti lain, penerpan model pembelajaran ROPES membutuhkan sumber belajar dan media pembelajaran yang memadai.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210204019;
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectROPESen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (Ropes) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVb Tema Daerah Tempat Tinggalku SDN Sumbersari 01 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record