dc.description.abstract | Penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran di kelas IVB
SDN Sumbersari 01 masih belum optimal pada tahap mengamati, menalar dan
mengumpulkan informasi serta penggunaan media dan model pembelajaran
kurang bervariatif. Penggunaan model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap
aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan
model pembelajaran review, overview, presentation, exercise, summary (ROPES).
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model
pembelajaran review, overview, presentation, exercise, summary (ROPES) dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB tema daerah tempat
tinggalku di SDN Sumbersari 01 Jember semester genap tahun pelajaran
2016/2017?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran review,
overview, presentation, exercise, summary (ROPES) berjalan lancar sesuai dengan
RPP yang telah disusun. Siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam mengikuti
proses pembelajaran, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.
Aktivitas belajar siswa pada prasiklus 48,4% dengan kriteria kurang aktif, pada
siklus I meningkat menjadi 65% dengan kriteria cukup aktif demikian juga dengan
siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,4% dengan kriteria sangat aktif. Secara klasikal ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotor
mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Ranah afektif prasiklus sebesar 60,3
dengan kriteria cukup/sedang, pada siklus I meningkat menjadi 74,5 dengan
kriteria baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 81,9 dengan kriteria sangat
baik. Hasil belajar siswa prasiklus sebesar 67,9 dengan kriteria cukup/sedang,
pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 72,8 dengan kriteria baik, begitu
juga pada siklus II meningkat menjadi 80 dengan kriteria sangat baik. Ranah
prikomotor siswa dalam prasiklus sebesar 62,1 dengan kriteria cukup/sedang,
pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 75,3 dengan kriteria baik, pada
siklus II meningkat menjadi 82 dengan kriteria sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model
pembelajaran review, overview, presentation, exercise, summary (ROPES) dapat
meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di SDN Sumbersari 01
Jember. Saran bagi guru, diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran
ROPES sebagai alternatif pembelajaran di kelas, sehingga siswa lebih antusias
dalam proses pembelajaran. Bagi peneliti lain, penerpan model pembelajaran
ROPES membutuhkan sumber belajar dan media pembelajaran yang memadai. | en_US |