Show simple item record

dc.contributor.advisorSulthon, M.
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorSwandani, Khofiya Ika
dc.date.accessioned2018-05-24T04:04:45Z
dc.date.available2018-05-24T04:04:45Z
dc.date.issued2018-05-24
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85770
dc.description.abstractPenerapan metode-metode pembelajaran dapat mengembangkan seluruh potensi peserta didik secara optimal dan meningkatkan hasil belajar. Dalam pembelajaran IPA diharapkan tidak hanya memberikan kemampuan supaya siswa dapat memecahkan soal-soal yang berkaitan dengan konsep IPA, tetapi mampu berfikir kritis, logis dan dapat memecahkan masalah dengan kreatif dan inovatif. Salah satu metode yang dapat dikembangkan agar siswa aktif dalam pembelajaran yaitu metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode mengajar yang dalam penyajian atau pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu. Keterlibatan siswa secara fisik, mental dan emosional siswa dalam metode ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan perilaku siswa yang kreatif, sehingga diharapkan dapat berdampak positif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pokok bahasan sifat-sifat cahaya di SDN Gebang 03 Jember semester genap tahun 2016/2017. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Gebang 03 Jember, pada tanggal 10 April 2017 – 28 April 2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas VA dengan jumlah sebanyak 31 siswa dan siswa kelas VB dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola pre-test dan post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode x observasi, metode dokumentasi dan tes (yang berupa tes tulis pilihan ganda dalam bentuk pre-test dan post-test). Sebelum diadakan proses pembelajaran dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil ulangan harian 1 mata pelajaran IPA. Data yang dianalisis berupa selisih antara skor pre-test dan post-test, baik kelas VA (kelas eksperimen) dan kelas VB (kelas kontrol) data tersebut digunakan untuk menghitung t-test. Hasil dari perhitungan tersebut menunjukkan nilai thitung = 7,604. Hasil thitung tersebut kemudian dikonsultasikan pada ttabel dengan taraf signifikansi 5% untuk uji kedua pihak. Pada taraf signifikan 5% dengan df 59 adalah 1,671. Terlihat bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 7,604 ≥ 1,671 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen. Diperkuat dengan perhitungan keefektifan relative (ER) yakni sebesar 56,61% Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar IPA di SDN Gebang 03 Jember. Metode ini juga membantu peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri melalui percobaan yang mereka lakukan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Eksperimenen_US
dc.subjectHasil Belajar IPAen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Pokok Bahasan Sifat - Sifat Cahaya di SDN Gebang 03 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record