dc.description.abstract | Penerapan metode-metode pembelajaran dapat mengembangkan seluruh
potensi peserta didik secara optimal dan meningkatkan hasil belajar. Dalam
pembelajaran IPA diharapkan tidak hanya memberikan kemampuan supaya siswa
dapat memecahkan soal-soal yang berkaitan dengan konsep IPA, tetapi mampu
berfikir kritis, logis dan dapat memecahkan masalah dengan kreatif dan inovatif.
Salah satu metode yang dapat dikembangkan agar siswa aktif dalam pembelajaran
yaitu metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode mengajar yang
dalam penyajian atau pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan
sesuatu. Keterlibatan siswa secara fisik, mental dan emosional siswa dalam metode
ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan perilaku siswa yang kreatif,
sehingga diharapkan dapat berdampak positif terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh
penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pokok
bahasan sifat-sifat cahaya di SDN Gebang 03 Jember semester genap tahun
2016/2017.
Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Gebang 03
Jember, pada tanggal 10 April 2017 – 28 April 2017. Populasi penelitian adalah siswa
kelas VA dengan jumlah sebanyak 31 siswa dan siswa kelas VB dengan jumlah siswa
sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola
pre-test dan post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode
x
observasi, metode dokumentasi dan tes (yang berupa tes tulis pilihan ganda dalam
bentuk pre-test dan post-test). Sebelum diadakan proses pembelajaran dilakukan uji
homogenitas dengan menggunakan data hasil ulangan harian 1 mata pelajaran IPA.
Data yang dianalisis berupa selisih antara skor pre-test dan post-test, baik
kelas VA (kelas eksperimen) dan kelas VB (kelas kontrol) data tersebut digunakan
untuk menghitung t-test. Hasil dari perhitungan tersebut menunjukkan nilai thitung =
7,604. Hasil thitung tersebut kemudian dikonsultasikan pada ttabel dengan taraf
signifikansi 5% untuk uji kedua pihak. Pada taraf signifikan 5% dengan df 59 adalah
1,671. Terlihat bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 7,604 ≥ 1,671 sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang positif antara hasil belajar siswa dengan menggunakan
metode eksperimen. Diperkuat dengan perhitungan keefektifan relative (ER) yakni
sebesar 56,61% Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen berpengaruh
terhadap hasil belajar IPA di SDN Gebang 03 Jember. Metode ini juga membantu
peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri melalui percobaan yang
mereka lakukan. | en_US |