• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA HARGA DIRI DI SDN PLALANGAN 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    F. KIP_Jurnal_Rahayu_Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match_.pdf (731.1Kb)
    Date
    2018-05-11
    Author
    Rahayu, Rahayu
    Santoso, Tri Hadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa adalah pemilihan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa dalam pembelajaran PKn pada kelas III SDN Plalangan 02 Jember, model, strategi, dan metode pembelajaran yang digunakan masih belum optimal. Perlu adanya variasi dalam menerapkan model pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Berkaitan dengan masalah yang timbul tersebut, permasalahan akan diatasi dengan menerapkan model pembelajaran yang diharapkan mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan antusias, sehingga diharapkan pembelajaran menjadi bermakna dan berdampak pada hasil belajar siswa yang memuaskan. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada tema harga diri di SDN Plalangan 02 Jember semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pencapaian skor aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal. Pencapaian skor aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 45,31 (cukup aktif) meningkat menjadi 65,80 (aktif) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 79,34 (sangat aktif) pada siklus II. Pencapaian skor hasil belajar siswa prasiklus sebesar 45,83 (kurang baik) meningkat menjadi 67,42 (cukup baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 79,42 (baik) pada siklus II. berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85721
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7403]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository