Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.advisorHutama, Fajar Surya
dc.contributor.authorIrawan, Silvia Ade
dc.date.accessioned2018-05-07T02:18:39Z
dc.date.available2018-05-07T02:18:39Z
dc.date.issued2018-05-07
dc.identifier.nimNIM 140210204101
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85700
dc.description.abstractTujuan pembelajaran matematika pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) salah satunya adalah memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Berdasarkan tujuan yang diuraikan tersebut, maka seharusnya siswa jenjang SD mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Soal-soal pemecahan masalah matematika biasa dikemas dalam bentuk soal cerita. Berdasarkan kenyataan yang ditemui di lapang, masih banyak siswa kelas V SD yang belum bisa menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika yang berbentuk soal cerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Berapakah persentase masing-masing jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang pada siswa kelas V SDN Kranjingan 05 Jember; 2) Apakah faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang pada siswa kelas V SDN Kranjingan 05 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kranjingan 05 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah siswa di kelas tersebut adalah 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang diketahui dari jawaban tes. Kemudian jawaban dari hasil tes dihitung persentase masing-masing kesalahan yang dilakukan siswa. Setelah diperoleh data hasil persentase masing-masing kesalahan yang dilakukan siswa, maka data tersebut dianalisis sesuai dengan kesalahan yang dilakukan, kemudian dicari faktor penyebab dari kesalahan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLAYANG-LAYANGen_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENURUT POLYA POKOK BAHASAN LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG PADA SISWA KELAS V SDN KRANJINGAN 05 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record