• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    NILAI MORAL NOVEL “TOTTO-CHAN GADIS CILIK DI JENDELA” KARYA TETSUKO KUROYANAGI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN SASTRA BAHASA INDONESIA

    Thumbnail
    View/Open
    Rendra Puspa Kustanto.pdf SDH.pdf (1.258Mb)
    Date
    2018-05-07
    Author
    Kustanto, Rendra Puspa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Karya sastra yang ditulis pengarang mengandung nilai-nilai yang disampaikan kepada para penikmat karya sastra, salah satu diantaranya adalah nilai moral ketertarikan peneliti terhadap nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Totto-Chan dikarenakan walaupun dikemukakakan oleh tokoh yang masih memiliki usia dini tetapi sudah bisa mencakup nilai moral yang religius. Rumusan permasalahan 1) Bagaimanakah nilai moral tokoh utama yang terdapat dalam novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela? 2) bagaimana pemanfaatan nilai moral novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela untuk materi apresiasi sastra di SMA? Penelitian ini mempergunakan jenis penelitian kualitatif karena data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat deskriptif, yang dapat diartikan dalam bentuk setiap, kalimat, dan paragraf yang mengungkapkan nilai-nilai moral dalam novel “Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela”. Data diambil dengan teknik dokumentasi dengan membaca secara berulang-ulang, reduksi data, analisis data serta penarikan kesimpulan . Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuronayagi dan diterbitkan oleh PT Gramedia pustaka utama tahun 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa nilai moral yang diklasifikasikan sesuai dengan penggolongan nilai moral menurut Nurgiyantoro. Nilai moral yang pertama yaitu nilai moral hubungan dengan diri sendiri, meliputi sabar, bertanggung jawab, tidak berputus asa, kerja keras, ingin tahu berlebihan, jujur, berani, dan tidak pendendam, dengan memiliki rasa ingin tahu yang berlebihan akan membahayakan diri sendiri dan sikap pemberani akan membuat seseorang akan mampu hidup mandiri. Nilai moral yang kedua yaitu hubungan manusia dengan sesama yaitu suka menolong, bermusyawarah, kasih sayang, peduli, dan suka memberi, dengan membantu sesama serta menolong dapat membahagiakan orang lain dan diri sendiri serta membantu seseorang mendapatkan kesuksesan. Nilai moral ketiga yaitu hubungan manusia dengan alam meliputi memelihara dan memanfaatkannya, memelihara alam dan memanfaatkan alam menjadikan alam terjaga dan lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia. Nilai moral yang terakhir yaitu. Nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan yaitu percaya akan Tuhan, dan berdoa, mendekatkan diri kepada Tuhan dengan percaya dan berdoa menjadikan seseorang menjadi peka terhadap sekitarmya. Pemanfaatan sebagai alternatif pembelajaran dapat di terapkan sesuai dengan KD dan SK yang sesuai dengan materi..
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85693
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15286]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository