Show simple item record

dc.contributor.authorSusanti, Hilda
dc.date.accessioned2018-05-03T02:34:30Z
dc.date.available2018-05-03T02:34:30Z
dc.date.issued2018-05-03
dc.identifier.nim130210302020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85653
dc.description.abstractPembelajaran sejarah memiliki tujuan penting yang harus dicapai, diantaranya ialah: (1) Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan; (2) Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatanilmiah dan metodelogi keilmuan; (3) Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau; (4) Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini masa yang akan datang; (5) Menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air yang dapat diimplementasikandalam berbagai bidang kehidupan baik nasional maupun internasional. Melihat hal tersebut, maka kondisi ideal dalam pembelajaran sejarah diantaranya ialah dilakukan secara aktif, kreatif, semangat dan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa banggsa dan cinta tanah air. Fakta di sekolah, berdasarkan hasil penelitian pra-siklus kondisi yang ada di kelas XII IPS 2 MAN 2 Jember adalah sebagai berikut: (1) cinta bangsa dan tanah air = 67,16%; (2) sadar berbangsa satu bangsa Indonesia = 66,94%; (3) sadar bernegara Indonesia = 70,23%. Kondisi yang ada di kelas tersebut memiliki permasalahan terkait sikap Nasionalisme. Hasil tersebut berdasarkan dari hasil kuesioner. Berdasarkan kajian teori para ahli permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan metode sosio drama. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: (1) Apakah penerapan metode pembelajaran sosio drama dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan nasionalisme peserta didik di Kelas XII IPS 2 MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan dalam penelitian ialah: (1) Meningkatkan Nasionalisme peserta didik dalam pembelajaran sejarah melalui metode pembelajaran sosio drama Kelas XII IPS 2 MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bermafaar untuk beberapa pihak diantaranya: bagi peserta didik, pendidik, penelitian lain, dan bagi sekolah yang dijadikan tempat penelitian. Objek penelitian ini ialah kelas XII IPS 2 MAN 2 Jember dengan jumlah peserta didik 30 anak. Metode pendumpulan data yang digunakan ialah, observasi,wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) ketuntasan klasikal nasionalisme pra-siklus = 48,64% meningkat 27,05 menjadi 75,69% pada siklus I, dan pada siklus I = 75,69% meningkat 7,81 menjadi 83,5% pada siklus II. Kesimpulan dai penelitian ini ialah penerapan metode sosio drama dapat meningkatkan Nasionalisme peserta didik kelas XII IPS 2 MAN 2 Jember. Penggunaan meotode ini tepat untuk digunakan kelas XII pada khususnya, dan pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat pada umumnya. Pada penelitian ini memiliki kelemahan dari segi manajemen waktu, sehingga untuk penelitian selanjutnya saya rekomendasikan untuk dikembangkan menjadi lebih baik lagi kedepannya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectNasionalismeen_US
dc.subjectPembelajaran Sejarahen_US
dc.subjectSosio Dramaen_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIO DRAMA DI KELAS XII IPS 2 MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record