Show simple item record

dc.contributor.authorIndrianti, Deditiani Tri
dc.date.accessioned2018-04-27T03:29:34Z
dc.date.available2018-04-27T03:29:34Z
dc.date.issued2018-04-27
dc.identifier.isbn978-602-96824-0-3
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85636
dc.descriptionProceeding International Seminar Good Practices in Education Across Disciplines and Grade-Levels, 2014en_US
dc.description.abstractTulisan ini merupakan hasil penelitian yang berupaya mengkaji potensi masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan keaksaraan fungsional dan pemberdayaan perempuan. Penelitian diawali dengan memetakan peran dan fungsi organisasi masyarakat yang memberi ruang untuk meningkatkan keberdayaan perempuan berdasarkan kebutuhan praktis dan strategis gender. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan mix metode yaitu menggabungkan metode deskriptif eksplanatif yang dilengkapi dengan survey, untuk kemudian dianalisa dengan teknik Gender Analysis Pathway. Temuan yang diperoleh dari hasil penelitian menggambarkan, bahwa pendidikan keaksaraan fungsional merupakan salah satu proses pemberdayaan yang dilakukan secara bertahap melalui jalur pendidikan non formal. Selain itu, kegiatan pendidikan keaksaraan tidak dapat dilakukan secara general melainkan disesuaikan dengan karakteristik sosial budaya lokal. Oleh karena itu, perlu adanya identifikasi organisasi masyarakat yang selama ini berperan sebagai penyelenggara pendidikan keaksaraan fungsional untuk kemudian dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai model pendidikan keaksaraan guna memberdayakan masyarakat. Mengingat organisasi masyarakat merupakan sebuah lembaga yang diinisiasi oleh masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPendidikan Keaksaraanen_US
dc.subjectpemberdayaan perempuanen_US
dc.subjectorganisasi masyarakaten_US
dc.titlePendidikan Keaksaraan Fungsional Berbasis Gender Meanstreaming Dalam Peningkatan Kemandirian Perempuan Pedesaanen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record