Show simple item record

dc.contributor.advisorSudarti
dc.contributor.advisorSubiki
dc.contributor.authorWidiningtyas, Anggraining
dc.date.accessioned2018-04-20T08:31:59Z
dc.date.available2018-04-20T08:31:59Z
dc.date.issued2018-04-20
dc.identifier.nim110210102084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85523
dc.description.abstractFisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam yang terjadi dan bagaimana gejala alam tersebut dapat terjadi dalam pembelajaran fisika dibutuhkan ketelitian dan kemampuan berfikir logis karena dalam pembelajaran fisika didasarkan pada hasil pengamatan dan juga aktivitas pemecahan masalah. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika adalah suatu proses mengajar yang dilakukan guru untuk mempelari tentang berbagai gejala dan kejadian alam yang didasarkan oleh hasil pengamatan yang disertai aktivitas pemecahan masalah. Pembelajaran fisika membantu siswa untuk mengembangkan diri menjadi individu yang memiliki sikap ilmiah, mampu memproses fenomena dan pengetahuan yang diperoleh serta mampu memahami bagaimana fenomena-fenomena yang ada di sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendreskripsikan tingkat kesalahan siswa dalam memahami soal untuk menyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah berdasarkan polya; (2) untuk mendreskripsikan tingkat kesalahan siswa dalam menggunakan rumus fisika yang sesuai untuk menyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah berdasarkan polya; (3) untuk mendreskripsikan kesalahan siswa dalam melakukan perhitungan dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah berdasarkan polya. (4) untuk mendreskripsikan kesalahan siswa dalam menentukan kesimpulan dan perhitungan pada penyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah berdasarkan Polya dan Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga SMA yang ada di kabupaten Jember yaitu SMAN 1 Arjasa Jember dan SMA Negeri 4 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 73 siswa yaitu 38 siswa dari kelas XII IPA 2 SMAN 1 Arjasa Jember dan 35 siswa dari kelas XII IPA 4 SMA Negeri 4 Jember. Penelitian dilaksanakan pada satu kelas dari tiap sekolah dengan ketentuan materi tentang rangkaian arus searah sudah diajarkan di kelas tersebut. Pengamatan yang dilakukan adalah hasil kerja siswa dan data yang terkumpul disusun dan dianalisa dengan menghitung persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan persoalan rangkaian arus searah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes uraian sebanyak enam soal yang diadaptasi dari soal Ujian Nasional. Tahap-tahap Polya pada pokok bahasan Rangkaian Arus Searah adalah (1) memahami soal, (2) menggunakan rumus fisika, (3) menyelesaikan langkah–langkah penyelesaian, dan (4) menentukan kesimpulan dan perhitungan. Hasil analisis data kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan rangkaian arus searah berdasarkan polya. Pada data hasil tes yang dilakukan pada 38 siswa SMA Negeri 1 Arjasa dan pada 35 siswa SMA Negeri 4 Jember didapatkan rata-rata sebesar 1,27 % dan dalam kriteria menunjukkan kesalahan yang kurang dominan dalam melakukan kesalahan pada tahap memahami soal. Dan pada tahap kedua yaitu menggunakan rumus fisika sejumlah 38 siswa SMA Negeri 1 Arjasa dan pada 35 siswa SMA Negeri 4 Jember didapatkan rata-rata sebesar 14,87 % dan dalam kriteria menunjukkan kesalahan yang kurang dominan dalam melakukan kesalahan. Lalu pada tahap selanjutnya yaitu menyelesaikan langkah–langkah penyelesaian 38 siswa SMA Negeri 1 Arjasa dan pada 35 siswa SMA Negeri 4 Jember didapatkan rata-rata sebesar 12,25 % dan dalam kriteria menunjukkan kesalahan yang kurang dominan dalam melakukan kesalahan. Dan pada tahap yang terakhir yaitu menentukan kesimpulan dan perhitungan sejumlah 38 siswa SMA Negeri 1 Arjasa dan pada 35 siswa SMA Negeri 4 Jember didapatkan ratarata sebesar 41,65 % dan dalam kriteria menunjukkan kesalahan yang kurang dominan dalam melakukan kesalahanen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectFisikaen_US
dc.subjectMenyelesaikan Masalahen_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN ARUS SEARAH BERDASARKAN POLYAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record