dc.description.abstract | Housekeeping adalah bagian departemen yang mengatur atau menata
peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi
dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan
menyenangkan bagi penghuni atau tamu yang menginap. Dalam department
housekeeping terdapat room boy yang mana room boy memiliki tugas dan
tanggung jawab dalam hal pembersihan kamar-kamar tamu sesuai tugas yang
diberikan, memastikan standar kebersihan kamar, melaporkan dan mencatat setiap
kerusakan yang ditemukan, menangani keluhan dan permintaan tamu, memastikan
kerahasiaan dan keamanan setiap kamar tamu.
Dalam hal ini penulis melaksanakan praktek kerja nyata di Hotel Santika
Premiere Gubeng Surabaya di department housekeeping. Waktu pelaksanaan
kegiatan praktek kerja nyata ini dilaksanakan oleh mahasiswa selama lima bulan.
Jadwal pelaksanaan praktek kerja terhitung mulai tanggal 17 Januari 2017 sampai
dengan 20 Juni 2017 di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata yaitu
pengamatan, wawancara dan dokumen.
Seorang room boy dalam pengerjaan kamar harus melakukan SOP (Standart
Operational Procedure) hal itu sangat penting bagi sebuah hotel karena SOP ini
menjelaskan tentang prosedur sebuah pekerjaan, sehingga dapat mempermudah
seorang dalam bekerja. Terutama dalam kinerja room boy yang memerlukan
standart operational procedure dalam pekerjaannya. SOP room boy menjelaskan
tentang step by step dalam membersihkan kamar tamu mulai dari set up toolkit &
toolbox, making bed, membersihkan toilet, sweeping, mopping hingga selesai.
Selain itu SOP ini juga menjelaskan tentang tata cara membersihkan kamar yang
masih ada tamunya dalam artian belum check out. Semua prosedur tersebut harus
dilakukan oleh semua room boy yang melakukan tugasnya dalam membersihkan
kamar. Hal ini bertujuan agar kualitas kamar dapat terjaga dengan baik dan dapat
memberikan kamar yang bersih, nyaman, indah dan aman kepada tamu.
Dalam hal ini proses pengerjaaan kamar yang sesuai dengan SOP memiliki
kekurangan dalam masalah waktu. Apabila hotel mengalami high season para
room boy akan mengalami keterlambatan dalam pengerjaan kamar pada beberapa
tamu yang melakukan flash check in sehingga tamu yang melakukan flash check
in harus menunggu kamar dibersihkan terlebih dahulu. Oleh karena itu adanya
kefektivitasan dalam membersihkan kamar harus dilakukan step by step mulai dari
set up toolkit & toolbox, making bed, membersihkan toilet, sweeping, mopping
hingga selesai. Para tamu yang melakukan flash check in dapat langsung
menggunakan kamar, dengan demikian para tamu akan merasa senang. | en_US |