Show simple item record

dc.contributor.advisorWasiati, Inti
dc.contributor.authorPratama, Widigdo Yoga
dc.date.accessioned2018-04-17T04:54:35Z
dc.date.available2018-04-17T04:54:35Z
dc.date.issued2018-04-17
dc.identifier.nim140903102009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85428
dc.description.abstractHousekeeping adalah bagian departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuni atau tamu yang menginap. Dalam department housekeeping terdapat room boy yang mana room boy memiliki tugas dan tanggung jawab dalam hal pembersihan kamar-kamar tamu sesuai tugas yang diberikan, memastikan standar kebersihan kamar, melaporkan dan mencatat setiap kerusakan yang ditemukan, menangani keluhan dan permintaan tamu, memastikan kerahasiaan dan keamanan setiap kamar tamu. Dalam hal ini penulis melaksanakan praktek kerja nyata di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya di department housekeeping. Waktu pelaksanaan kegiatan praktek kerja nyata ini dilaksanakan oleh mahasiswa selama lima bulan. Jadwal pelaksanaan praktek kerja terhitung mulai tanggal 17 Januari 2017 sampai dengan 20 Juni 2017 di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata yaitu pengamatan, wawancara dan dokumen. Seorang room boy dalam pengerjaan kamar harus melakukan SOP (Standart Operational Procedure) hal itu sangat penting bagi sebuah hotel karena SOP ini menjelaskan tentang prosedur sebuah pekerjaan, sehingga dapat mempermudah seorang dalam bekerja. Terutama dalam kinerja room boy yang memerlukan standart operational procedure dalam pekerjaannya. SOP room boy menjelaskan tentang step by step dalam membersihkan kamar tamu mulai dari set up toolkit & toolbox, making bed, membersihkan toilet, sweeping, mopping hingga selesai. Selain itu SOP ini juga menjelaskan tentang tata cara membersihkan kamar yang masih ada tamunya dalam artian belum check out. Semua prosedur tersebut harus dilakukan oleh semua room boy yang melakukan tugasnya dalam membersihkan kamar. Hal ini bertujuan agar kualitas kamar dapat terjaga dengan baik dan dapat memberikan kamar yang bersih, nyaman, indah dan aman kepada tamu. Dalam hal ini proses pengerjaaan kamar yang sesuai dengan SOP memiliki kekurangan dalam masalah waktu. Apabila hotel mengalami high season para room boy akan mengalami keterlambatan dalam pengerjaan kamar pada beberapa tamu yang melakukan flash check in sehingga tamu yang melakukan flash check in harus menunggu kamar dibersihkan terlebih dahulu. Oleh karena itu adanya kefektivitasan dalam membersihkan kamar harus dilakukan step by step mulai dari set up toolkit & toolbox, making bed, membersihkan toilet, sweeping, mopping hingga selesai. Para tamu yang melakukan flash check in dapat langsung menggunakan kamar, dengan demikian para tamu akan merasa senang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectRoom Boyen_US
dc.subjectEfektivitas Kerjaen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PELAKSANAAN KERJA ROOM BOY DALAM MEMBERSIHKAN KAMAR DI HOTEL SANTIKA PREMIERE GUBENG SURABAYAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • DP-Travel Agent [238]
    Koleksi Laporan Praktikum Program DIII Usaha Perjalanan Wisata

Show simple item record