dc.description.abstract | Penerapan teknik mind mapping dengan metode SQ3R pada tema
pahlawanku dilaksanakan dengan baik sesuai rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) yang telah disusun sebelumnya. Hal ini terlihat dari
hasil analisis pada aktivitas guru dalam menerapkan teknik mind mapping
dengan metode SQ3R di siklus I sebesar 93% dan menjadi meningkat di
siklus II sebesar 100%. Kekurangan di siklus I adalah siswa masih kurang
aktif dalam pembuatan mind mapping secara berkelompok, sehingga di
siklus II pembuatan mind mapping dilakukan secara individu agar seluruh
siswa terlibat aktif dan menyenangkan dalam pembelajaran.
peningkatan kemampuan literasi melalui penerapan teknik mind mapping
dengan metode SQ3R pada tema pahlawanku siswa kelas IVa SDN
Kebonsari 01 Jember menjadi meningkat secara klasikal dari pra siklus
dengan persentase sebesar 60% (kategori cukup) menjadi 78,43% (kategori
baik) pada siklus I, dan meningkat menjadi 87,57% (kategori sangat baik)
pada siklus II. | en_US |