Show simple item record

dc.contributor.advisorYushardi
dc.contributor.advisorGani, Agus Abdul
dc.contributor.authorLESTARI, PRATIWI AYU
dc.date.accessioned2018-04-04T02:52:08Z
dc.date.available2018-04-04T02:52:08Z
dc.date.issued2018-04-04
dc.identifier.nim110210102005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85191
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kesadaran akan pentingnya pendidikan telah menarik perhatian seluruh lapisan masyarakat terhadap perkembangan dunia pendidikan, terutama dalam bidang teknologi dan informasi yang sangat erat kaitannya dengan ilmu Fisika. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Fisika dikarenakan pembelajaran Fisika masih cenderung berpusat pada guru. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagaimana pengaruh pembelajaran kooperatif TAI terhadap motivasi belajar fisika siswa?; dan 2) bagaimana pengaruh pembelajaran kooperatif TAI terhadap hasil belajar fisika siswa?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) mengkaji pengaruh pembelajaran kooperatif TAI terhadap motivasi belajar fisika siswa, dan 2) mengkaji pengaruh pembelajaran kooperatif TAI terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMAN 3 Bondowoso. Sebelum pengambilan data penelitian, telah dilaksanakan proses validasi perangkat pembelajaran dengan hasil kriteria validitas adalah valid atau dapat digunakan dengan revisi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Post-Test only Control Group design oleh Beaumont dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, observasi, tes, serta angket atau kuesioner. Adapun teknik analisis data motivasi menggunakan angket dan observasi serta untuk hasil belajar menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 16. Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan penelitian sebagai berikut: 1) metode pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa; 2) metode pembelajaran kooperatif TAI tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectTeam Assisted Individualization (TAI)en_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BONDOWOSOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record