Show simple item record

dc.contributor.advisorPrihatin, Jekti
dc.contributor.advisorNarulita, Erlia
dc.contributor.authorMustaqimah, Siti
dc.date.accessioned2018-04-03T03:06:43Z
dc.date.available2018-04-03T03:06:43Z
dc.date.issued2018-04-03
dc.identifier.nim130210103016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85142
dc.description.abstractPendidikan merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan tenaga pendidik untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu, agar tujuan pendidikan dapat tercapai pemerintah selaku lembaga pendidikan harus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembaruan kurikulum, dari kurikulum ktsp menjadi kurikulum 2013, termasuk pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi harus dilaksanakan dengan metode dan pendekatan yang tepat, karena pada pelajaran biologi banyak konsep-konsep yang susah dipahami. Materi keanekaragaman hayati merupakan salah satu materi yang ada dalam pembelajaran biologi. Guru biologi perlu memotivasi siswa agar senang belajar Biologi, memberi penguatan dan memperlihatkan bahwa belajar biologi yang baik bukan dengan cara menghafal, salah satunya dengan membudayakan membaca (literasi) agar dapat meningkatkan minat baca siswa. Dengan menggunakan buku yang menarik dan sesuai untuk usia siwa diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa. Alternatif bahan ajar yang dapat digunakan yaitu komik disertai foto. Komik disertai foto dapat menjadi variasi bahan ajar, karena memiliki perpaduan kalimat narasi, susunan teknik gambar dan warna, serta teknik pengambilan foto yang dipadukan dalam satu media. Komik bergambar mampu meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa, meningkatkan keaktifan siswa meningkatkan minat siswa dan mendapat respon positif dari siswa hingga guru. Pembelajaran menggunakan komik disertai foto dipilih sebagai pengembangan penelitian dikarenakan berdasarkan hasil observasi dan angket di dua sekolah berbeda, yakni SMA Negeri 4 Jember dan SMA Muhammadiyah 3 Jember didapatkan data bahwa dari angket guru yang diberikan kepada 4 guru diketahui bahwa sebesar 67% tidak semua siswa memiliki buku paket, sedangkan dari angket siswa yang diberikan kepada 67 siswa diketahui bahwa 78% siswa di SMA Negeri 4 Jember sumber belajar yang digunakan biasa saja dikarenakan beberapa bagian pada tampilannya ada yang monoton, dan kurang bisa memahami semua isi materi, sementara di SMA 3 Muhammadiyah sebesar 100% sumber belajar yang digunakan hanya terbatas lembar kerja siswa (LKS). Selain itu kelebihan dari komik yang dikembangkan oleh peneliti yaitu tokoh yang digunakan menggunakan nama tokoh yang saat ini sedang populer yaitu Adit Sopo Jarwo dan peneliti menggabungkan antara komik yang disertai foto agar minat siswa dalam membaca semakin meningkat sehingga dapat menumbuhkan budaya membaca (literasi). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui validitas, keefektifan, dan kepraktisan bahan ajar berupa komik disertai foto pada pembelajaran biologi kelas X SMA. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian pengembangan, yaitu pembuatan bahan ajar berupa komik disertai foto, yang bertujuan untuk mengetahui validitas, efektifitas, dan kepraktisan bahan ajar komik untuk kelas X SMA pada pokok bahasan materi keanekaragaman hayati. Validitas yang diukur melalui hasil penilaian 4 validator dan hasil uji tingkat keterbacaan oleh 9 orang siswa. Efektifitas yang diukur melalui hasil belajar siswa, berupa pre-test dan pos-test. Kepraktisan diukur melalui angket respon siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata nilai validitas buku komik oleh ahli sebesar 72,5% menunjukkan valid, rata-rata validitas oleh ahli pengguna sebesar 80,5, menunjukkan valid serta rata-rata uji tingkat keterbacaan sebesar 87,8% menunjukkan sangat layak. Hasil efektifitas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari nilai pre-test 39,8 menjadi 83,7 dari nilai pos-test dengan normalized gain sebesar 0,73 tergolong kategori tinggi. Hasil kepraktisan menunjukkan bahwa buku komik yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 90,5% dan diinterpretasikan sangat praktis. Sehingga buku komik yang dikembangkan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan sebagai salah satu alternatif sumber belajar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hasil uji validitas oleh ahli dan pengguna terhadap buku komik yang dikembangkan tergolong valid, hasil uji keterbacaan buku komik yang dikembangkan tergolong sangat layak, hasil uji evektivitas terhadap buku komik yang dikembangkan tergolong kategori tinggi, dan hasil uji kepraktisan terhadap buku komik yang dikembangkan tergolong sangat praktis sehingga buku komik yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas dan dapat dijadikan sebagai salah satu variasi bahan ajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBahan ajaren_US
dc.subjectKomiken_US
dc.subjectFotoen_US
dc.subjectKeanekaragaman Hayatien_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA KOMIK YANG DISERTAI FOTO PADA POKOK BAHASAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK KELAS X SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record