dc.description.abstract | Pembelajaran yang efektif dan melibatkan siswa secara aktif baik mental,
fisik maupun sosial dalam proses pembelajaran adalah salah satunya pembelajaran
dengan menggunakan media grafis. Media grafis merupakan media pengajaran
yang paling mudah ditemui dan banyak digunakan. Sebagaimana halnya media
lain, media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima
pesan. Pesan yang disampaikan dinyatakan dalam simbol-simbol kata, gambar,
dan menggunakan ciri grafis yaitu garis. Selain fungsi tersebut, media grafis juga
memiliki fungsi khusus untuk menyederhanakan informasi dan memperjelas
sajian agar mudah dipahami dan diingat (Siddiq et al, 2008:3-26). Oleh karena itu
rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Adakah pengaruh yang signifikan
penggunaan media grafis terhadap hasil belajar PKn pokok bahasan harga diri
sebagai manusia pada siswa kelas III di SDN Prajekan lor 01 bondowoso?”
Penelitian ini dilakukan di SDN Prajekan Lor 01 Bondowoso terhitung
pada tanggal 28 November 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimental dengan pola Pre-test post-test control group design. Subjek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Prajekan Lor 01 Bondowoso.
Siswa kelas III yang terdapat di SDN Prajekan Lor 01 Bondowoso ada 45 siswa
yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas III A terdapat 22 siswa dan kelas III B
terdapat 23 siswa. Penentuan kelas mana yang akan dijadikan kelas kontrol dan
kelas eksperimen, terlebih dahulu peneliti melakukan uji homogenitas terhadap
populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil
perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga t hitung= 1,323, selanjutnya
harga t hitung tersebut dibandingkan dengan harga t tabel dengan db=43 pada
taraf signifikansi 5%. Nilai t tabel dengan db = 40 memiliki harga 2,021. Hasil
tersebut membuktikan bahwa t hitung < t tabel= 1,323 < 2,021 yang berarti
kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Tindak
lanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas
kontrol, didapatkan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIA sebagai
kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes,
wawancara, dokumentasi, dan observasi. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test
dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan
dengan rumus uji-t diperoleh t hitung= 2,411, harga ini kemudian dibandingkan
dengan t tabel dengan db = 43 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh t
tabel= 2,021. Diperoleh t hitung>t tabel (2,411>2,021), dengan demikian
hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi tidak ada pengaruh penggunaan media grafis
terhadap hasil belajar PKn pokok bahasan harga diri sebagai manusia pada siswa
kelas III di SDN Prajekan lor 01 Bondowoso ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
yang berbunyi ada pengaruh penggunaan media grafis terhadap hasil belajar PKn
pokok bahasan harga diri sebagai manusia pada siswa kelas III di SDN Prajekan
lor 01 Bondowoso diterima.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh penggunaan media grafis terhadap hasil belajar PKn pokok bahasan
harga diri sebagai man€usia pada siswa kelas III di SDN Prajekan lor 01
Bondowoso. Media grafis gambar ini diharapkan dapat digunakan oleh guru
sebagai salah satu cara dalam hal penyampaian materi khususnya pada proses
pembelajaran di sekolah mata pelajaran PKn. | en_US |