dc.description.abstract | Bahasa merupakan alat yang cukup penting dalam segala aspek kehidupan, khususnya dalam aspek pendidikan. Pembelajaran bahasa pada hakikatnya diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar. Beberapa kesalahan penggunaan bahasa yang sering terjadi antara lain: kesalahan pemilihan kata, kesalahan pembentukan kata, kesalahan penyusunan kalimat, kesalahan penalaran dan kesalahan penerapan ejaan. Kesalahan tersebut merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dan termasuk kesalahan berbahasa dalam aspek pemilihan kata dan penggunaan ejaan. Permasalahan yang sering ditemui guru dalam mengajarkan bahasa dengan keterampilan menulis dalam hal menulis karangan ini berkaitan dengan kemampuan berbahasa siswa, sehingga memungkinkan banyak terjadi kesalahan berbahasa pada siswa terutama dalam aspek pemilihan kata dan penggunaan ejaan. Oleh karena itu, analisis kesalahan pemilihan kata dan penggunaan ejaan dan penyebab dari kesalahan pemilihan kata dan penggunaan ejaan tersebut perlu dilakukan sehingga guru dapat mencari alternatif untuk memperbaikinya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kesalahan pemilihan kata dan penggunaan ejaan dalam menulis karangan berdasarkan gambar pada siswa kelas V SDN Tegalgede 01?; 2) Apakah penyebab kesalahan pemilihan kata dan penggunaan ejaan dalam menulis karangan berdasarkan gambar pada siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kesalahan pemilihan kata dan penggunaan ejaan dalam menulis karangan berdasarkan gambar pada siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember; 2) Untuk mendeskripsikan penyebab kesalahan pemilihan kata dan penggunaan ejaan
dalam menulis karangan berdasarkan gambar pada siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember. Data diambil melalui dokumentasi adalah hasil karangan siswa dan data diri siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian terdiri dari 3 tahap, yaitu mengumpulkan, menganalisis, dan menyimpulkan data.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa kesalahan pemilihan kata siswa meliputi kesalahan penggunaan kata bermakna denotasi dan konotasi, penggunaan kata bersinonim, penggunaan kata umum dan khusus, kesalahan penggunaan bahasa baku dan non baku, dan keserasian kata. Kesalahan penggunaan ejaan meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital dan kesalahan penggunaan ejaan baca titik (.), penggunaan tanda koma (,), penggunaan tanda hubung (-), penggunaan tanda tanya (?), dan penggunaan tanda kutip (“...”) pada judul dan isi karangan.
Kesimpulan penelitian ini yaitu kemampuan pemilihan kata dan penggunaan ejaan dalam menulis karangan siswa secara keseluruhan masih rendah. Kesalahan pemilihan kata terbanyak adalah kesalahan penggunaan kata yang serasi atau keserasian kata yaitu sebanyak 78, sedangkan kesalahan penggunaan ejaan terbanyak adalah kesalahan penggunaan huruf kapital yaitu sebanyak 278, dan kesalahan penggunaan tanda titik (.) yaitu sebanyak 241. Faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut antara lain: (1) interferensi Bahasa Ibu, (2) penguasaan kosakata yang kurang, (3) kurangnya minat baca siswa dan (4) kesalahan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saran dari penelitian ini yaitu sebaiknya guru beserta sekolah harus menciptakan kondisi lingkungan belajar yang dapat mendukung siswa untuk belajar berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah ejaan yang berlaku. | en_US |