dc.description.abstract | Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain
penelitian model 4-D yang modifikasi menjadi 3-D dengan menghilangkan proses
penyebaran dikarenakan keterbatasan biaya dan waktu. Penelitian dilaksanakan di
MAN Bondowoso pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penentuan
sampel penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel dari penelitian ini
menggunakan simple random sampling. Selanjutnya data validitas diperoleh dari
hasil lembar validasi yang diisi oleh validator, kemudian data hasil belajar, dan
respon siswa diperoleh selama dan setelah pembelajaran.
Skor validasi media pembelajaran Fisika berbasis operasi sistem android
dengan scientific approach pada materi usaha dan energi mencapai 3,52 dengan
dengan kategori valid. Melalui uji pengembangan hasil belajar siswa akumulatif
yang didapatkan yaitu 30 dari 31 siswa telah memenuhi KKM dengan rata-rata
hasil belajar siswa sebesar 82,16 dengan kategori tinggi. Hasil tersebut tidak lepas
dari proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah yang terintegrasi pada
media pembelajaran menggunakan sistem operasi andorid, sehingga diperolah
hasil belajar yang optimal. Selanjutnya respon siswa didapatkan respon yang
positif pada setiap indikator yang dimunculkan dengan rata-rata sebesar 84,33%.
Hal tersebut dikarenakan media pembelajaran Fisika berbasis operasi sistem
android dengan scientific approach sangat disenangi siswa dengan tampilan yang
menarik dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun.
Berdasarkan hasil dari analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang
dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) Media Pembelajaran Fisika Berbasis
Sistem Operasi Android dengan Scientif Approach pada Materi Usaha dan Energi
valid digunakan dalam proses pembelajaran, 2) Hasil belajar siswa dengan
menggunakan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sistem Operasi Android
dengan Scientif Approach pada Materi Usaha dan Energi tergolong kategori
tinggi, 3) respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis sistem operasi
android dengan scientific approach yang dikembangkan positif untuk semua
aspek yang dimunculkan. | en_US |