• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

    Thumbnail
    View/Open
    Laily Widya Rohma - 110210102065.pdf SDH.pdf (3.899Mb)
    Date
    2018-03-28
    Author
    Rohma, Laily Widya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu materi pembelajaran fisika di SMA yaitu tentang mekanika. Mekanika dibedakan menjadi dua bagian yaitu kinematika dan dinamika. Materi dinamika gerak akan lebih mudah dipahami oleh siswa jika pemahaman konsep kinematika gerak sudah benar. Salah satu yang di bahas pada dinamika adalah tentang hukum I, II, dan III Newton. Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini yakni kurikulum 2013, pentingnya kemampuan pemecahan masalah terlihat pada kompetensi dasar yang dimuat dalam standar isi Permendikbud Nomor 64 tahun 2013. Permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran kinematika dan dinamika secara umum di Indonesia maupun di luar Indonesia ternyata masih banyak sekali, hal ini ditunjukkan dalam pembelajaran kinematika dan dinamika dari hasil Ujian Nasional tahun pelajaran 2016/2017 di kabupaten Jember yang diikuti oleh 51 SMA (yang memiliki kelas program studi Ilmu Pengetahuan Alam), pada materi kinematika sebesar 45,58% dan pada materi dinamika sebesar 60,63%. Angka tersebut menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan siswa SMA di kabupaten Jember pada materi kinematika dan dinamika masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumbu-sumbu koordinat, menggambar diagram benda bebas, merepresentasikan gaya, menentukan jenis dan arah gerak resultan gaya, menuliskan persamaan dan solusi serta menuliskan satuan dengan benar. Untuk itu perlu dilakukan tes dan penilaian evaluasi terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan alat penilaian dan rubrik yang telah dikembangkan oleh Kocakullah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84934
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository