• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI IPA 3 DI SMAN 3 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Khotimatul Huznia 130210102021.pdf SDH.pdf (6.652Mb)
    Date
    2018-03-28
    Author
    Huznia, Khotimatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah observasi, perumusan masalah, hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Permasalahan pembelajaran di dalam kelas dilihat dari siswa, dari observasi yang saya lakukan dengan siswa SMA 3 jember. Siswa tersebut mengatakan masih merasa malas dengan pembelajaran fisika karena terlalu banyak rumus yang harus dihafalkan, mereka masih merasa binggung dalam mengaplikasikan konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari, Siswa menganggap bahwa pembelajaran fisika yang membosankan. Hal ini sesuai dengan pendapat guru SMAN 3 Jember menyatakan bahwa beliau hanya menggunakan metode ceramah. Dengan hanya menggunakan metode ceramah siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, karena dalam hakikat fisika adalah mengamati, mencoba, menanya, mengasosiasi, dan mengkomunikasi. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa salah satunya dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), disini peneliti akan berkolaborasi dengan guru pengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Jember. Adapun alasan pemilihan lokasi penelitian dengan pertimbangan: Terdapat permasalahan pembelajaran pada siswa di kelas XI IPA 3 SMAN 3 Jember diantaranya presentase siswa yang belum tuntas pada mata pelajaran fisika berdasarkan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) genap. Berdasarkan data observasi dan wawancara terbatas dengan guru fisika sekitar 80% siswa yang pasif dalam pembelajaran
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84932
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository