Show simple item record

dc.contributor.advisorBACHTIAR, Rayendra Wahyu
dc.contributor.advisorSUPRIADI, Bambang
dc.contributor.authorANISA, Rafidatul
dc.date.accessioned2018-03-27T01:39:41Z
dc.date.available2018-03-27T01:39:41Z
dc.date.issued2018-03-27
dc.identifier.nimNIM120210102064
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84914
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Argopuro Panti-Jember. Desain pengembangan modul pada penelitian ini menggunakan model pegembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974), akan tetapi dalam penelitian ini mengalami pembatasan tahap pengembangan pada tahap keempat tidak dilaksanakan sehingga menjadi tiga tahap (Design, Define, Develop) karena peneliti hanya mengukur keefektifan produk pengembangan dalam skala kecil. Instrumen perolehan data yang digunakan yaitu terdiri lembar validasi modul, lembar penilaian sikap siswa berupa lembar observasi, lembar post-test, dan lembar angket motivasi belajar. Metode pengumpalan data yang digunakan yaitu validasi, observasi, tes, dan angket. Data yang didapat adalah validasi, respon belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA mendapatkan hasil validitas sebesar 3,98 untuk validasi ahli dan 4,7 untuk validasi pengguna. Dengan demikian modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA memenuhi kriteria cukup valid berdasarkan hasil validasi ahli dan memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil validasi pengguna. Data ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar 62,96 % dan termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan data kepraktisan penggunaan modul berdasar respon yang diberikan siswa diperoleh data sebesar 85,2 % yang termasuk dalam kategori sangat positif. Dengan demikian modul pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E pokok bahasan getaran harmonis untuk siswa SMA memenuhi kriteria praktis digunakan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210102064;
dc.subjectLEARNING CYCLE 5Een_US
dc.subjectGETARAN HARMONISen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIS UNTUK SISWA SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record