• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODUL IPA DISERTAI PUZZLE PADA POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    LULUK IL MUKARROMAH - 130210102078_.pdf (4.356Mb)
    Date
    2018-03-26
    Author
    MUKARROMAH, Luluk iL
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: 1) menghasilkan modul IPA disertai puzzle pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya di SMP yang valid, 2) mengetahui hasil belajar siswa setelah adanya modul IPA disertai puzzle pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya di SMP, dan 3) mendeskripsikan respon siswa dengan adanya modul IPA disertai puzzle pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap antara lain analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VII C SMP Nuris Jember dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sumber data dari penelitian ini berupa hasil validasi modul IPA disertai puzzle, hasil belajar siswa, dan respon siswa setelah menggunakan modul IPA disertai puzzle pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya di SMP. Berdasarkan hasil validasi oleh beberapa ahli, modul IPA disertai puzzle termasuk dalam kategori valid, sehingga layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran setelah melalui proses revisi. Uji pengembangan dilakukan melalui dua tahap yakni validasi ahli dan uji coba lapangan. Hasil dari validasi ahli diperoleh nilai 4,01 dengan kategori valid. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, siswa memiliki hasil belajar sebesar 77,42 dengan kategori tinggi. Selain itu, presentase respon siswa terhadap modul IPA disertai puzzle adalah 97% dengan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa 1) modul IPA disertai puzzle dikategorikan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran, 2) hasil belajar siswa secara keseluruhan dapat dikatakan tinggi, dan 3) respon siswa terhadap modul IPA disertai puzzle sangat positif dan layak digunakan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84871
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository