dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan
menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IB yang berjumlah
26 orang dan terdiri dari 11siswalaki-lakidan 15 siswa perempuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran examples
non examples berbantuan media boneka tangan berjalan dengan lancar. Siswa
menjadi lebih semangat dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran
sehingga hasil belajar siswa meningkat. Hasil belajar siswa afektif, kognitif, dan
psikomotor pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ranah afektif siswa
prasiklus sebesar 68,7 dengan kategori cukup, pada siklus I mengalami
peningkatan menjadi 72,7 dengan kategori baik, pada siklus II juga meningkat
tetapi belum signifikan menjadi 79,3 dengan kategori baik sama seperti siklus I.
Hasil belajar siswa dalam prasiklus sebesar 67 dengan kategori cukup, pada siklus
I mengalami peningkatan sebesar 71,9 dengan kategori baik, pada siklus II juga
meningkat menjadi 80 dengan kategori sangat baik. Ranah psikomotor siswa pada
prasiklus sebesar 69,4 dengan kategori cukup, pada siklus I mengalami
peningkatan menjadi 76,3 dengan kategori baik, pada siklus II juga meningkat
tetapi belum signifikan menjadi 80,6 dengan kategori baik sama seperti siklus I.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran
examples non examples berbantuan media boneka tangan dapat meningkatkan
hasil belajar tema peristiwa alam pada siswa kelas IB SDN Mumbulsari 01
Jember. Media yang dapat digunakan dalam model examples non examples pada
penelitian ini tidak hanya gambar, namun bisa dipadukan dengan media lain
seperti boneka tangan ataupun media tiga dimensi lainnya, sehingga pembelajaran
menjadi lebih menarik. | en_US |